Pemberdayaan Wanita Lanjut Usia Yang Produktif Melalui Kegiatan Pelatihan Kerajinan Tangan Yang Bernilai Ekonomis

Nany Suryawati, Martin Depores Don, Yovita Wado Peka, Ingggrid Farahdita P.H, Johan Pratama, Teddy Wardhana Boedi

Abstract


Program pengabdian masyarakat yang di laksanakan di UPTD Griya Werdha Jambangan yang berlokasi di Jl. Ketintang Madya VI No. 15A, Jambangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60232 bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada wanita lanjut usia yang produktif berupa keterampilan kerajinan tangan yang nantinya bisa digunakan atau dikembangkan di panti jompo tersebut, agar dapat menghasilkan nilai jual yang tinggi untuk membantu pendanaan Griya Werdha Jambangan. Metode yang dipakai pada program ini adalah pendampingan mitra melalui penyuluhan dan pelatihan keterampilan kerajinan tangan. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui penyuluhan berupa keterampilan; membuat gantungan kunci menggunakan tutup galon, menjahit handuk polos, membuat gelang nama, dan menghias dompet polos. Pendampingan kepada lansia melalui keterampilan ini, dapat mendukung program Pemerintah Surabaya untuk dapat menghasilkan buah tangan yang nantinya bisa membantu meringankan pendanaan UPTD Griya Werdha Jambangan Surabaya, dan dapat menampung lebih banyak lagi lansia yang membutuhkan tempat tinggal.


Keywords


pendampingan; kerajinan tangan; pemberdayaan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Reneka Cipta

Kuncoro. 2007. Industri Kecil dan UMKM. Jakarta: FE UI

Rahmawati,(2008), Lansia Bina Kelompok Usaha Produktif. (online). http://www.gemari.or.id/artikel/detail.php?id=439, diaksespada 16 agustus 2008).

Santin dan Martyasanti Dicka. 2009, Bentuk-Bentuk Produktivitas Orang lanjut Usia (Lansia): Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Febriyati, Suyanto. 2017. Pemberdayaan Lansia melalui Usaha Ekonomi Produktif oleh Bina Keluarga Lansia (BKL) Mugi Waras di Kabupaten Sleman. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1 No. 1, (2017): 209-226.

https://www.academia.edu/34889778/Lansia_yang_Produktif

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/sarwahita/article/view/9182/6444




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i1.3290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats