Peningkatan Alat Pemasaran Guna Meningkatkan Produktivitas Pada Rawon Rusuk Mbok Sum Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Tatit Diansari Reskiputri, Raudatul Safitri

Abstract


Rawon adalah makanan khas dari Jawa Timur berupa sup daging yang khas dengan kuah berwarna kehitaman karena memakai bumbu keluwak. Sebagai salah satu kekayaan kuliner tradisional, rawon patut dilestarikan. Untuk itu diperlukan suatu langkah pengembangan yang tepat dalam persaingan bisnis kuliner melalui pendekatan pemasaran yaitu dengan cara mengoptimalkan alat pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas bisnis kuliner tradisional. Mitra dari program pengabdian ini adalah UMKM Rawon Rusuk Dapur Mbok Sum. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan wawasan kepada mitra tentang pentingnya peran pemasaran dalam bisnis kuliner agar selain dapat mempertahankan eksistensi juga dapat mengembangkan usahanya dalam persaingan bisnis kuliner.


Keywords


rawon, makanan khas Jawa Timur, pemasaran, produktivitas.

Full Text:

PDF

References


Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Inskeep, Edward. 1991. Tourism Planning: An Integrated and Sustainable Development Approach. Van Nostrand Reinhold, New York.

Suparyanto, Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i1.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats