Upaya Peningkatan Produktivitas Dan Pemasaran Produk Stick Buah Naga Melalui Pemasaran Online

Ahmad Izzuddin, Maghfirotul Hasanah

Abstract


Buah naga merupakan buah dari jenis kaktus dengan marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah naga dianggap sebagai buah super tropis dan obat-obatan karena memiliki banyak manfaat. melimpahnya buah naga saat panen, membuat harga buah naga menjadi murah, bahkan ada petani buah naga yang membuang hasil panennya di sungai akibat jatuhnya harga buah naga. permasalahan ini kemudian dimanfaatkan oleh mahasiswa UNMUH Jember yang pernah KKN di desa Tembokrejo untuk membuat UMKM Stick Buah Naga yang nantinya dijalankan oleh ibu-ibu PKK yang dipimpin oleh ibu lina. UMKM Stick Buah Naga ini ternyata masih belum bisa berjalan optimal dkarenakan beberapa masalah, sehingga pengabdian ini bertujuan untuk 1. Memberikan pengetahuan tentang manajemen operasional, sehingga bisa bekerja secara efektif dan efisien, serta memberi beberapa peralatan yang menunjang sehingga UMKM bisa lebih produktif. 2.Memberikan pengetahuan tentang manajemen pemasaran yang baik, serta pemanfaatan media social untuk menunjang pemasaran digial (digital marketing). 3. Memberikan pengetahuan tentang pembuatan lapora laba rugi dan penghitungan HPP, sehingga bisa menggunakan modal lebih efisien.


Keywords


UMKM; Stick Buah Naga; Pemasaran Online;

Full Text:

PDF

References


Oktiarni, Dwita dkk. 2012.”Pemanfaatan Ekstrak Kulit Buah Naga Merah (Hylocerus polyrhhizus sp.) Sebagai Pewarna Dan Pengawet Alami Mie Basah”. Jurnal Gradien, Vol.8.No.2:819-824.

Youngson, Robert Dr. 1998. Antioksidan : Manfaat Vitamin C Dan E Bagi Kesehatan. Jakarta: Arcan

Harahap, Sofyan Syafri, 2006. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2004. Prinsip-prinsip Marketing, Edisi Ketujuh, Jakarta : Salemba Empat

Fahmi, I. 2014. Manajemen Produksi dan Operasi. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i1.3287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats