Pendampingan Pembelajaran di SD Negeri Koncer 01 pada Masa Pandemi Covid-19

Muh Iman, Hesti Dwi Rela Susanti, Winda Dwi Kusuma Anwa, Ahmad Jailani, Rizal Anwar, Ainul Yaqin, Maulana Aksan Eko Palja

Abstract


Pembelajaran merupakan proses dimana lingkungan seseorang yang secara sengaja dikelola sehingga memungkinkan peserta didik ikut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu. Selain itu, proses pembelajaran dapat dipandang sebagai suatu sistem, yang terdiri atas komponen sistem yaitu siswa, guru, bahan ajar, dan lingkungan belajar, dengan seluruh komponen yang ada berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru SD Negeri Koncer 01 (2) Peningkatan kemampuan siswa secara afektif, kognitif dan psikomotorik (3) untuk transformasi nilai-nilai moral kepada siswa agar di masa depan dapat mampu warga negara yang baik. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Metode kualitatif merupakan penelitian Tindakan kelas. Penekanan terhadap komponen program pembelajaran antara lain berpusat pada Pengajar, Peserta didik. Teknik yang digunakan ceramah diskusi,dan teknik team teaching. Dalam hal pengajar sebagai fasilitator dan motivator dalam strategi yaitu: 1) Keterampilan menyimak guru yaitu memberikan informasi tertentu dalam hal ini peserta didik mendengarkan 2) Keterampilan berbicara yaitu berbicara bebas meliputi diskusi, drama, dan berpidato 3) Keterampilan membaca yaitu kriteria penilaian: kohesi dan koherensi 4) Keterampilan menulis yaitu melibatkan unsur linguistik dan ekstralinguistik.

Keywords


Pembelajaran, Strategi pembelajaran, Teknik team teaching

Full Text:

PDF

References


Sripatmi, dkk. (2021). Implementasi Lesson Study For Learning Community Mgmp Matematika Smp Kecamatan Sandubaya Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 4 No. 3.

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata: (KKN TematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v3i2.9142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muh Iman, Hesti Dwi Rela Susanti, Winda Dwi Kusuma Anwa, Ahmad Jailani, Rizal Anwar, Ainul Yaqin, Maulana Aksan Eko Palja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957