Pengenalan Pembelajaran Daring Berbasis Internet Dan Learning Manajemen System Program Kampus Mengajar Di SDN Sumberejo 06 Jember

Fadilah Rizqi Amaliah, Refsa Ina Irianti

Abstract


Tujuan dilaksanakannya program Kampus Mengajar Perintis adalah memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pengajaran di Sekolah Dasar sekitar desa/kota tempat tinggalnya. Metode penelitian yang dilakukan berupa pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah SDN Sumberejo 06, Jawa Timur yang berjumlah 123 siswa. Objek penelitian adalah implementasi kampus mengajar perintis di SDN Sumberejo 06. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Dari hasil observasi dapat disimpulkan. Program pertama yang diimplementasikan yaitu pelatihan adaptasi teknologi pembelajaran daring kepada siswa siswi UPT SDN Sumberejo 06 berjalan dengan baik. Metode proses pembelajaran luring yang akan diterapkan adalah penggunaan teknologi proyektor media video untuk pembelajaran tematik siswa, penggunaan aplikasi Quizizz untuk pengerjaan evaluasi siswa, sekaligus memperkenalkan AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) dan Modul Pembelajaran dari Kemendikbud. 


Keywords


Kampus Mengajar, Pembelajaran daring, Pandemi Covid

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2020, August 24). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia.Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253-270. https://doi.org/10.24258/jba.v16i2.685

Ahidin, U. (2020). Covid 19 dan Work from Home. Desanta Muliavisitama. Google Scholar

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I,7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Andriani, T. (2015). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Sosial Budaya, 7(2), 127–150. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v12i1.1930

Arina, D., Mujiwati, E. S. ., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168-175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615

Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84111. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.84-11

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kemenkes. (2020). Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19, 0–115. https://www.kemkes.go.id

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76. Google Scholar

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.Google Scholar

Putria, H., Luthfi, H. M., & Din, A. U. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid – 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4 (4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid – 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 6 (2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v3i2.9135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fadilah Rizqi Amaliah, Refsa Ina Irianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957