Pemberdayaan Home Industry Dalam Pengembangan Kerajinan Tas Dari Bahan Baku Limbah Plastik Di Desa Gumukmas Jember

Mohammad Thamrin, Sri Wahyuni, Nuril Indah Dina Lasiyama, Mukhlis Faruqi

Abstract


Home industry atau industri rumah tangga merupakan salah satu usaha kecil dan menengah (UKM) yang memproduksi barang-barang yang dilakukan di dalam rumah berskala kecil. Home industry yang terdapat di Desa Gumukmas mengembangkan kerajinan tangan tas yang berbahan dari limbah plastik seperti bungkus kopi, mie instan dan sebagainya keunggulan plastik diantaranya kuat, ringan, fleksibel, tahan karat, tidak mudah pecah, mudah diberi warna, mudah dibentuk, serta isolator panas dan listrik yang baik. Permasalahan kegiatan Home Industry ialah kurangnya informasi dan pengetahuan dalam mengembangkan home industry kerajinan tas dari bahan baku limbah plastik baik dalam pembuatan brand, cara packaging, dan teknik marketing (pemasaran) baik secara offline maupun online. Tujuan umum dari pelatihan ini ialah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang brand, packaging, dan marketing (pemasaran) upaya untuk mengembangkan home industry di Desa Gumukmas agar semakin maju. Metode pelaksanaan pelatihan dilakukan secara menjelaskan materi dan juga mempraktikkan langsung.

Keywords


Pemberdayaan Limbah Plastik, Industri Rumah Tangga, Kerajinan Tangan

Full Text:

PDF

References


Hardianti D. dkk, 2017. Persepsi Kader PKK Tentang Daur Ulang Limbah Plastik Berbasis Home Industry di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat. Vol. 3, No.2.

Mukhtar, S., dan Nurif, 2015. Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), pp.181-191.

Murti Sumarni, 2002. Manajemen Pemasaran Edisi 2 (Yogyakarta : Liberty,),6

Pesoth, M. C., 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, dan Brand Image Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill di Kota Manado. Jurnal EMBA, 3(3), pp.1101-1112.

Putra, H. P dan Yebi, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa).

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKN TematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.

Sutawikara, E. S., 2017. Nilai Fungsional dan Estetik Kemasan/Wadah Berbahan Bambu Pada Makanan Tradisional Indonesia dan Jepang. Demandia, 2(2), pp.148–160

Sutojo, S., dan Kleinsteuber, F., 2002. Strategi manajemen pemasaran. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.

Syamsudin, dan Wajdi, F., 2015. Desain Kemasan Makanan Kub Sukarasa di Desa Wisata Organik Sukorejo Sragen. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 19(2), pp.68-78.

Zuhri, S., 2013, Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home industry Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(3), pp.46-65




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v3i2.9093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohammad Thamrin, Sri Wahyuni, Nuril Indah Dina Lasiyama, Mukhlis Faruqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957