Pembuatan Pakan Alternatif Ternak Sapi Melalui Fer-mentasi Gedebog Untuk Cadangan Musim Kemarau

Syamsul Hadi, Henik Prayuginingsih, Bejo Suroso, Oktarina Oktarina, Taufiq Timur Warisaji

Abstract


Permintaan akan daging ternak sapi pada tahun 2021 ini cenderung semakin banyak sejalan dengan bertambahnya laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bondowoso yang mencapai  sebesar 0,52 persen. Pada tahun yang sama  jumlah ternak sapi di Kabupten Bondowoso sebanyak 234.300 ekor dan sebagian berada di Kecamatan Pakem yaitu sebanyak 9.214 ekor yang tersebar salah satunya di Desa Pakem dengan jumlah sekitar lebih dari 700 ekor. Kondisi ini tentunya membutuhkan ketersediaan pakan ternak yang cukup memadai agar pertumbuhan dan perkembangan ternak sapi akan berlangsung normal, terutama pada saat musim kemarau.  Oleh karena itu, tujuan program pengabdian pada masyarakat ini secara ekonomi untuk meningkatkan keuntungan dan efisiensi biaya produksi ternak sapi. Metode pelaksanaan ini berupa rekayasa teknologi dan sosial melalui pelatihan dengan pendekatan partisipatif  dan pendampingan. Pelatihan dimaksud adalah berupa pelatihan pada aspek teknis pembuatan pakan alternatif  fermentasi gedebog dan  manajemen pakan. Proses  pendampingan kepada mitra peternak bertujuan untuk menjamin terlaksananya program sesuai pedoman dan tercapainya  indikator keberhasilan program. Hasil evaluasi di lapangan menunjukkan tingkat keberhasilan program dengan uraian sebagai berikut: a) rata-rata perkembangan produksi (bobot kambing) per bulan mencapai 21,99%, b) efisiensi biaya produksi penggemukan ternak sebelum program (1,21) < sesudah program (1,90), dan  tingkat keuntungan sesudah pelaksanaan program naik sebesar 91.31%, dan c) mitra  tidak kesulitan untuk memberikan pakan ternak rumput pada musim kemarau, karena  cukup hanya dengan satu sampai dua kali per minggu, sehingga dapat  mengurangi waktu untuk mencari rumput pada musim penghujan sebesar ± 35%. 

Keywords


Fermentasi Gedebog; Perkembangn Bobot Ternak; Pakan alternatif; Partisipatif

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Bondowoso, 2021. Kabupaten Bondowoso Dalam Angka Tahun 2021. Bondowoso: Biro Pusat Statistik Kabupaten Jember.

Dwatmadji, Suteky, T., dan Efrianto, E., 2008. Scrotal circumference dan Hubungannya dengan Ukuran Tubuh Kambing Kacang pada Sistem Pemeliharaan yang Berbeda. Jurnal Sain Peternakan Indonesia . 3 (1): 10 – 14.

Hanum, R. 2010. Laporan PKL. http://ridwanhanum.wordpress.com/. Diakses Pada Tanggal 24 Juli 2012.

Nurhaji, E., 2015. Cara Menghitung Berat Badan Sapi . http://historyofeko.blogspot.com. Diakses pada tanggal 15 Maret 2015




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v3i1.8041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syamsul Hadi, Henik Prayuginingsih, Bejo Suroso, Oktarina Oktarina, Taufiq Timur Warisaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957