Pemberdayaan Pemuda Dusun Karang Kotong Desa Sumbersari Kecamatan Maesan Bondowoso Dalam Progam Pengenalan Dasar Organisasi

Asmuji Asmuji, Siti Kamilah, Novita Putri D, Safira Dwi A, Lutfiana Lutfiana

Abstract


Salah satu permasalahan yang terdapat di Dusun Karang Kotong Desa Sumbersari Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso adalah kurangnya minat para pemuda untuk melakukan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memajukan Dusun Karang kotong. Sehingga tidak terdapat keorganisasian pemuda yang aktif di Dusun Karang Kotong. Maka dari itu mahasiswa KKN 112 mengadakan kegiatan sosialiasi tentang pengenalan dasar organisasi. Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan minat pemuda Dusun Karang Kotong untuk membentuk suatu organisasi kemasyarakatan. Metode yang digunakan dalam mecapai tujuan dalam kegiatan dengan pendidikan masyarakat dan praktek. Setelah pemuda Dusun Karang Kotong mengikuti kegiatan sosialisasi, pemuda menjadi lebih semangat dan mulai bergerak untuk melakukan kegiatan. Kegiatan pertama yang mereka telah lakukan adalah mengadakan lomba gobak sodor.


Keywords


pengabdian; pemberdayaan; pemuda.

Full Text:

PDF

References


Maksum, R. A. (2020). Peran organisasi kepemudaan Gambleng dalam pembangunan masyarakat Desa Banmaleng Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. Diakses dari internet online https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/u u/UU_2009_40.pdf

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKN Tematik COVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v3i1.7983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Kamilah, Novita Putri D, Safira Dwi A, Lutfiana Lutfiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957