Upaya Pengembangan Umkm Digital Keripik Tempe Pa-da Industri Kecil Di Desa Balet Baru Kecamatan Su-kowono

Wekel mega wisesa kerta, Liara Ayu Rahma Dania, Trisya Bella Fibrianti, Rifyal Zaihifni Ishaq, Ristanti Nurin Aqua Rini, Fahmi Malik Abdillah

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran yang besar pada perekonomian negara, baik dalam kontribusi terhadap Produksi Domestik Bruto maupun jumlah penyerapan tenaga kerja. Dalam usaha mengembangkan bisnisnya, UMKM keripik tempe Daffa harus melakukan inovasi dan perbaikan untuk dapat bersaing dengan bisnis lainnya.  Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan produksi dan pengemasan kripik tempe serta mengenalkan produksi kepada masyarakat secara luas. Pengabdian ini dilakukan di wilayah Desa Balet Baru sebagai tempat pengabdian mahasiswa KKN kelompok 107 Desa Balet Baru Universitas Muhammadiyah Jember. Metode yang digunakan berupa penyuluhan kepada pemilik usaha keripik tempe tentang cara pemasaran secara online dan offline serta cara mendesain kemasan yang menarik. Proses produksi keripik tempe yang pertama yaitu pembuatan bahan-bahan, yang kedua yaitu penggorengan dan pengemasan, yang ketiga yaitu pemasaran. Harapan dari pemilik tempat usaha dan mahasiswa KKN yaitu daya jangkau pemasaran secara online atau offline semakin luas, sehingga pendapatan UMKM akan bertambah dan dapat meningkatkan tarif hidup keluarga.


Keywords


Kripik tempe; pembuatan dan pengemasan; pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Suryanti, Fenny, and Kun Aussieanita Mediaswanti. 2017. “Keripik Tempe Di Kecamatan Blimbing Kota Malang.” Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi 1: 8–16.

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKN Tematik COVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.

Yuniarti, Rahmi, Arif Rahman, and Moch. Choiri. 2014. “Strategi Pemasaran Pada Ukm Keripik Tempe Sanan Malang.” Jurnal Teknik Industri 14 (2): 174. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol14.no2.174-185.

Widarti, Asry, and Fakultas Ilmu Ekonomi. 2015. “PENGEMBANGAN UKM KERIPIK TEMPE DI PEKON WAY JAHA Jaha Kecamatan Pugung UKM Hanya Berupa Produk Curah Tanpa Merek Atau Label Yang Memberikan Identitas Keuangan Yang Baku Sehingga Menyulitkan Mereka Untuk Mengetahui Modal Kerja , Yang Bersaing Dengan Harga ” 01 (2).




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v3i1.7982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wekel mega wisesa kerta, Liara Ayu Rahma Dania, Trisya Bella Fibrianti, Rifyal Zaihifni Ishaq, Ristanti Nurin Aqua Rini, Fahmi Malik Abdillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957