Edukasi tentang Penggunaan Masker di DesaTegalrejo, Banyuwangi

Qurrota A’yun, Indah Safitri, Aurelie Arda Faradhi, Sindy Arindra Mahbubah, Nita Ayuningtyas, Putra Ageng Nirwana, Aldi Saputro1, Alvan Maulana Azzzayni

Abstract


WHO(WorldHealthOrganization) organisasi Kesehatan dunia menyatakan wabah penyakit virus corona COVID-19 sebagai pandemic global.Seiring berjalannya waktu, penambahan kasus positif COVID-19 di Indonesia semakinbertambah. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan terhadap pandemic COVID-19 dan minimnya kesadaran masyarakat sehingga penanganan kurangmengena dalam sistem pemerintahan di negara kita. Penggunaan masker merupakan salah satu cara mencegah penularan COVID-19.Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa tidak sembarangan masker dapat digunakan untuk mencegah penularan COVID-19. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang jenis masker yang efektif mencegah penularan COVID-19 menurut WHO(WorldHealthOrganization). Edukasi dilakukan  menggunakan metode kajitindak dengan pendekatan partisipatif. Materi edukasi yang diberikan yaitu tentangjenis masker yang direkomendasikan dan dilarang oleh WHO(WorldHealthOrganization).Hasil kegiatan diperoleh masyarakat sudah mampu menerapkan dengan cara menggunakan masker yang disarankan oleh WHO(WorldHealthOrganization).Akhir kegiatan masyarakat diberikan masker sebagai bentuk kepedulian dan himbauan agar selalu memakai masker ketika beraktifitas di luar rumah.


Keywords


Covid-19; Mencegah; Masker; Himbauan

Full Text:

PDF

References


Isbaniah. (2020). Pedoman Keseiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). Kemenkes RI.

Monardo. (2020). Pedoman Penanganan Cepat Medis Dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia. Jakarta Situasi COVID-19 di Sunatera Utara http://covid19.sumutprov.go.iddiakses 14Juli 2020 WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboardhttps://covid19.who.intdiakses 14 Juli 2020.

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKN Tematik COVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v3i1.7979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Qurrota A’yun, Indah Safitri, Aurelie Arda Faradhi, Sindy Arindra Mahbubah, Nita Ayuningtyas, Putra Ageng Nirwana, Aldi Saputro1, Alvan Maulana Azzzayni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957