Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Mandiri dan Unggul Dalam Ekonomi

Danan Satrio Wibowo, Anggun Nourma Indah

Abstract


Salah satu permasalahan yang ada pada Desa Suger Kidul Kecamatan Jelbuk adalah rendahnya perekonomian masyarakat dengan sisi lain potensi wilayah yang sebenarnya jika bisa di manfaatkan dengan baik mampu meningkatkan perekonomian tersebut. Salah satu potensi wilayah yang dimiliki adalah daerah perladangan untuk pengembangan tanaman pangan. Seperti yang disampaikan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro bahwa salah satu tanaman yang bisa tumbuh subur di Suger Kidul ialah Singkong, karena kondisi struktur tanah yang bagus. Masalah lain yang yang perlu diperhatikan adalah minimnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya berwirausaha, padahal dengan berwirausaha masyarakat dapat menghasilkan pendapatan sendiri tanpa menunggu gaji atau penghasilan dari pekerjaan yang formal/pemerintah. Maka dari itu, seminar dan pelatihan kewirausahaan ini dirasa penting untuk dilakukan di Desa Suger Kidul untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang berwirausaha serta menciptakan masyarakat yang mandiri dan unggul dalam perekonomian. Luaran yang ingin di capai dari program ini ialah munculnya usaha baru yang ada di masyarakat dengan potensi wilayah yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.


Keywords


berwirausaha; potensi wilayah; masyarakat yang mandiri dan unggul

Full Text:

PDF

References


Baldacchino. (2008). “Entrepreneural Creativity and Innovation”, The First International Conference on Strategic Innovation and Future Creation, University of Malta, Malta.

Jong & Wennekers, (2008). “Conceptualizing Entrepreneural Employee Behavior”, SMEs and Entretrenership Programme Finance by the Netherlands Minstry of Economic Affair.

Stel, Carre, Thurik, Zoetermeer, (2004). The Effect of Entrepreneurship on National Economic Growth: an Analysis Using the GEM Database. Scales Paper No.320

Yaghoobi, Salarzehi, Aramesh & Akbari, (2010), “And Evaluation of Independent Entrepenership Obstacles in Industrial SMEs”, European Journal os Social Sciences, pp. 33-45




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v2i1.6737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Danan Satrio Wibowo, Anggun Nourma Indah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957