Kelompok Usaha Bersama (KUB) Desa Plalangan Sebagai Centra Kerupuk di Kecamatan Kalisat Kabupaten Kember

Fefi Nurdiana Widjaya, Ema Sri Wahyuningsih

Abstract


Desa Plalangan Kecamatan Kalisat merupakan desa yang memunyai potensi dalam bidang usaha. Salah satu produk usaha yang dikembangkan di Desa Plalangan adalah kerupuk. Industri kerupuk yang dikembangkan di Desa Plalangan berbasis home industry yang dikembangkan secara mandiri oleh warga rumahan. Adanya home industry kerupuk ini menjadikan peluang tersendiri untuk membentuk sebuah kelompok usaha bersama yang bertujuan untuk mengembangakan usaha kerupuk di tingkat yang lebih luas. Kelompok Usaha Bersama Kerupuk diimplementasikan menjadi beberapa bentuk manajemen usaha, yang meliputi perencanaan, implementasi, pemasaran, evaluasi, dan program berkelanjutan. Keempat langkah tersebut merupakan dasar yang dikembangkan dengan beberapa kegiatan. Adapun kegiatan pada perencanaan meliputi penyuluhan motivasi dan pengembangan UMKM Desa Plalangan dan kegiatan pembentukan struktur KUB. Pada proses implementasi ini peneliti menitikberatkan pada pengarahan dan pendampingan terkait pengolahan produksi kerupuk. Langkah pemasaran yang diterapkan dalam Pengabdian ini berupa Brand Marketing dan Web Blog Kerupuk Desa Plalangan. Pada langkah evaluasi, peneliti mengadakan pelatihan terkait manajemen keuangan, dengan tujuan mengatur keuangan setiap home industry yang ada. Langkah terakhir dalam pengembangan KUB adalah program lanjutan, pada program lanjutan ini peneliti membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) yang bertujuan untuk melegalkan usaha rumahan di tingkat desa. Manajemen kewirausahaan dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kerupuk yang dikembangkan di Desa Plalangan diharapkan mampu menjadi centra kerupuk di Kecamatan Kalisat, mengingat home industry kerupuk yang paling banyak berada di Desa Plalangan.


Keywords


Kelompok Usaha Bersama (KUB); Home Industry; Kerupuk;manajemen

Full Text:

PDF

References


Davidsonn, P., & Honig, B. (2003). The Role of Social and Human Capital Among Nascent Entrepreneurs. Journal of Business Venturing, 301-331.

Kamisi, H.L (2011). Analisis Usaha dan Nilai Tambah Agroindustri Kerupuk Singkong. Agrikan, 82-87.

Martauli, E.D. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Usaha Wanita Wirausaha Kerupuk Udang di Provinsi Jambi. Agraris, 27-35.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Jakarta: LP3ES.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v2i1.6735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fefi Nurdiana Widjaya, Ema Sri Wahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957