Edukasi Dan Demonstrasi Pembuatan Mp-Asi Menurut Standar Who Sesuai Menu Tunggal Dan Menu 4 Bintang Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Balita

Miftahur Rahman, Intan Ayu Islami

Abstract


Kegiatan edukasi dan demonstrasi tentang pembuatan MP-ASI menurut standar WHO sesuai menu tunggal dan menu 4 bintang merupakan upaya untuk mencegah stunting pada balita. Kegiatan ini didasarkan pada informasi bahwa kecamatan Jelbuk pernah menduduki posisi tertinggi stunting di kabupaten Jember. Desa Sukowiryo juga menjadi salah satu penyumbang balita stunting terbanyak. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata kelompok 18 Desa Sukowiryo dengan sasaran antara lain ibu-ibu yang mempunyai balita dan ibu kader posyandu. Keterlibatan kader posyandu dalam hal ini adalah sebagai ujung tombak keberlajutan edukasi kepada ibu-ibu lainnya. Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah edukasi tentang MP-ASI, cara pembuatan MP-ASI sesuai menu tunggal dan menu 4 bintang, serta leaflet yang berisikan tentang menu harian yang dapat disajikan oleh ibu, sehingga ibu dapat memberikan MP-ASI dengan bahan makanan yang bergizi menurut standar WHO.

 


Keywords


Stunting, MP-ASI; Menu Tunggal dan Menu 4 Bintang.

Full Text:

PDF

References


Damayanti, R. A., Muniroh, L., & Farapti. (2016). Pemberian Asi Eksklusif Pada Balita Stunting Dan NonStunting. Media Gizi Indonesia, 11(1), 61–69.

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Hasil Utama Laporan Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 22.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Summary for Policymakers, 1–30.

Maulidah, W. B., Rohmawati, N., Sulistiyani, S., (2019). Faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting pada balita di Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Ilmu Gizi Indonesia, 02(02), 89–100.

Notoatmodjo, S. (2016). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riksani. (2012). Variasi Olahan Makanan pendamping ASI . Jakarta: Dunia Kreasi.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v2i1.6733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Miftahur Rahman, Intan Ayu Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957