Implementasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa SDN 01 Mojogemi Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember

Toni Herlambang, Nunik Nurhidayatul Ma’rifah

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan sehat merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga keluarga beserta semua yang ada di dalam nya dapat menolong diri nya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di sekolah dan masyarakat. Permasalahan dari penyuluhan ini merupakan kurangnya implementasi atau penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di SDN Mojogemi 01 Kecamatan Sukowono kabupaten jember. Tujuan dilakukan untuk menerapakan perilaku yang baik tentang cuci tangan dan gosok gigi di sekolah tersebut. Penyuluhan PHBS menggunakan metode pendekatan pelatihan, pendampingan dan penyediaan alat dan bahan seperti handsanitaizer dan paket menggosok gigi. Pelatihan kesehatan ini dengan memberikan pengetahuan cuci tangan dan gosok gigi kepada anak-anak yang baik dan benar, pemutaran video, serta praktik cuci tangan dan gosok gigi. Setelah kegiatan pelatihan di lakukan, diadakan monitoring dan evaluasi untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Hasil penyuluhan dapat di simpulkan bahwa implementasi perilaku bersih hidup dan sehat di SDN Mojogemi 01 Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember dapat di terapkan dengan baik dan benar.


Keywords


Implementasi;PHBS

Full Text:

PDF

References


Depkes RI.(2007).Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta : Direktorat Jendral Pembinaan Masyarakat Keluarga.

Peraturan Menteri Kesehatan RI.(2011).Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta.

Nadia.(2012).Hubungan Pelaksanaan Program Kesehatan Sekolah Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa SDN 13 Seberang Padang Utara. Universitas Andalans: Padang




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v2i1.6726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Toni Herlambang, Nunik Nurhidayatul Ma’rifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957