Penerapan Bimbingan Belajar Sekaligus Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak-Anak Di Desa Sukosari

Nuraini K, Miftakhul Jannah

Abstract


Bimbingan belajar merupakan suatu kegiatan pendampingan serta pengarahan dalam proses pembelajaran. Manfaat bimbingan belajar salah satunya ialah membantu anak untuk memahami materi, membuat anak belajar dengan penuh antusias terus-menerus, membuat waktu efektif anak di setiap harinya, serta membuat pelajaran semakin bermakna. Metode bimbingan belajar oleh mahasiswa KKN 01 Universitas Muhammadiyah Jember ialah menggunakan metode yang mengacu pada kurikulum terbarukan. Metode yang diterapkan sangatlah bervariatif, sehingga anak-anak di Desa Sukosari antusias dan mudah memahami makna pembelajaran dengan mudah. Bimbingan belajar ini tidak hanya berkutat di ranah kognitif saja, mahasiswa KKN 01 Universitas Muhammadiyah Jember juga secara langsung menanamkan nilai-nilai karakter pada anak-anak di Desa Sukosari. Penanaman pendidikan karakter ini diterapkan karena permasalahan merosotnya karakter bangsa ialah dengan pendidikan karakter dan pihak sekolah trutama guru juga bersinergi dengan menciptakan atau mengoptimalkan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi terlebih dahulu kondisi yang diperlukan anak-anak. Pendidikan karakter ini akan mampu membimbing dan mengarahkan para peserta didik untuk memiliki karakter yang positif pada dirinya. Implementasi pendidikan karakter pada dasarnya memiliki beberapa nilai yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tubuh pancasilaKelima nilai ini selalu bersinergi dan terintegritas satu sama lain, guna membentuk karakter peserta didik yang positif sesuai nialai-nilai luhur bangsa indonesia. melalui kegiatan bimbingan belajar sekaligus menanamkan pendidikan karakter pada anak-anak di Desa Sukosari diharapkan mampu menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas dalam kognitif, namun cerdas juga dalam hal afektif, psikomotor dan spiritualnya.

Keywords


Bimbingan Belajar, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Andayani, DKK. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Bagi Siswa Yang Melami Kesulitan Belajar. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 2

Anwar, C. (2014). Internalisasi Semangat Nasionalisme melalui Pendekatan Habituasi. Jurnal Studi Keislaman. Vol. 14.

Fitri, A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Harapan., E & Messi. (2017). Menanamkan Nilai Kejujuran Di Dalam Kegiatan Madrasah Bersama. Universitas PGRI Palembang.

Hendrina, E & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Prodi PGSD STKIP Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 1.

Kemendikbud. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Muslisch, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Muttaqin, A. (2013). Karl Marx Dan Frederich Nietzsche Tentang Agama.Direktur Pusat Studi Agama Dan Kebudayaan. STAIN Purwokerto.

Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah. Vol. 2.

Ningsih,T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto : STAIN PRESS.

Nofri, Dkk. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelegtual, Dan Disiplin Terhadap Kinerja Perawat Pada RS PMC Pekanbaru. Jurusan Manjemen Fakultas Ekonomi Universitas Riau. 1-2.

Purbaya & Fiah. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung.

Rifa’I, M. K. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multikultural dalam Membentuk Insan Kamil. Jurnal pendidikan agama islam. Vol 4.

Sari, R. O. (2018). Pengaruh Sholat Berjamaah Terhadap Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Kelas VIII di Smp IT Daarul Ilmi Bandar Lampung Tahun 2017-2018. Lampung : FKIP Universitas Lampung.

Subagyo. (2012). Pengembangan Nilai dan Tradisi Gotong Royong dalam Bingkai Konservasi Nilai Budaya. Indonesian Journal of conservation. Vol. 1.

Wijianto, A. (2014). Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Pancasila, (Online),(https://www.kompasiana.com/andi_wijianto/54f75592a3331113368b45a3/pembangunan

-karakter-bangsa-melalui-pendidikan-pancasila, diakses 2 Desember 2019)




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v2i1.6723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nuraini K, Miftakhul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957