Menuju Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Anak di Taman Pendidikan Al-Quran Al –Ikhlas Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Cahya Tribagus Hidayat

Abstract


Berbagai upaya harus dilakukan agar anak dapat melewati masa pertumbuhan dan perkembangannya dalam kondisi yang optimal. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggalakkan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Program ini telah berjalan selam 15 tahun, namun pada kenyataannya belum memenuhi indeks ketercapaian program (Kemenkes RI, 2011). Revitaslisasi program PHBS dapat dilakukan melalui promosi kesehatan. Salah satu tempat yang memiliki indek PHBS dibawah rata-rata adalah anak – anak yang belajar di taman pendidikan Al-Quran (TPA). Hal ini diakibatkan oleh minimnya pemahaman anak terkaiat PHBS sehingga anak berperilaku cenderung tidak sehat, fasilitas, dukungan dana, dan sosilisasi. Mitra dalam pengabdian pada masyarakat ini adalah Taman Pendidikan Al-Quran Al – Ikhlas Jember. Metode yang digunakan dalam pengabdian pada masyarakat ini adalah metode pendampingan yang sekaligus dengan pelatihan. Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan untuk peningkatkan kepedulian santri TPA terhadap pola hidup bersih dan sehat.


Keywords


PHBS;Taman Pendidikan Al-Quran

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y.m Astuti, E. P., & Kadriyah. (2013). Modul Field Lab Semester V. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Solo: Tidak dipublikasikan.

Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Yayan. (2011). Sepuluh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga. Jakarta: Tidak dipublikasikan




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v1i2.5019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Cahya Tribagus Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957