Penyuluhan Tindakan Kenakalan Remaja Dalam Perspektif Hukum dan Kesehatan Pada Siswa SMP di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember

Mochamad Alfan, Jalaluddin Rumi

Abstract


Permasalahan yang sering terjadi dikalangan remaja saat ini khususnya lingkungan Desa Kalisat Kecamatan Kalisat adalah kenakalan remaja yang meliputi merokok, minuman keras, narkoba, hingga sexs bebas yang sudah tidak asing lagi di kalangan remaja dalam masa pencarian jati diri. Namun sering kali dalam pencarian jati diri ini remaja cenderung salah bergaul dan melakukan hal menyimpang yang biasa disebut dengan kenakalan remaja. Mencermati fenomena tersebut, dengan diadakannya penyuluhan kenakalan remaja di beberapa Sekolah Menengah Pertama Desa Kalisat yang bertujuan agar dapat lebih bisa menyadarkan dan mengedukasi remaja SMP untuk bisa menjauhi hingga berhenti melakukan berbagai macam kenakalan yang sudah terjadi, bukan hanya berdampak pada kesehatan yang akan dihadapi tetapi akan berdampak pada hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan metode Communicative activities, siswa dituntut mendengar aktif, dimana pemateri atau peserta mengulang-ulang perkataan yang di sampaikan dengan komunikasi searah maupun dua arah. Harapannya setelah kegiatan penyuluhan ini, remaja dapat memahami akan bahayanya dari perilaku-perilaku menyimpang serta tidak melakukan perilaku menyimpang.

 


Keywords


Penyuluhan; Kenakalan Remaja; Hukum; Kesehatan

Full Text:

PDF

References


LPPM Unmuh Jember. 2020. Panduan Kuliah Kerja Nyata. Jember : LPPM Unmuh Jember. Sudarsono, R. (1995). Kenakalan remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Dadan Sumara, S. H. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM, 129-389.

Nunung Unayah, M. S. (2015). Fenomena Kenakalan Remajadan Kriminalitas. Jurnal Sosio Informa, 1, 02.

Reumi, W. A. (2018). Penanggulangan Delinquency (Kenakalan Anak Dan Remaja), Daampak Dan Penanganannya. Jurnal Pengabdian Papua, 105-110.

Yustika Tri Dewi, M. B. (2017). Faktor Penyebab Tergabungnya Remaja Kota Bandung Dalam Komunitas Kenakalan Remaja. Jurnal Social Work, 7, 1-129.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v1i2.5014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mochamad Alfan, Jalaluddin Rumi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957