Pemanfaatan Carica Papaya L. Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi Masyarakat Desa Ledokombo Melalui Selai Pepaya

Siti Kholifah, Amalia Eva Nurhadi

Abstract


Pemberdayaan  masyarakat  atau dorongan motivasi  untuk  membangkitkan kesadaran terhadap pengembangan potensi sumber daya yang dimiliki melalui kewirausahaan. Memberikan alternatif kepada masyarakat dalam mengonsumsi pepaya yang tidak hanya terbatas buah pada umumnya. Dengan demikian, masyarakat dapat  mengembangkan usaha pengolahan sebuah produk, sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomis pepaya yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Ledokombo. Tanaman pepaya varietas California merupakan salah satu jenis pepaya yang sedang digandrungi dan mulai banyak dikebunkan para petani Desa Ledokombo pada saat ini, karena sangat menjanjikan keuntungannya. Pepaya mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Pepaya dapat diolah berbagai macam olahan makanan, salah satunya adalah selai pepaya .  Selai pepaya dapat dimanfaatkan untuk  bahan campuran dan bahan isi atau olesan roti. Selain rasanya yang lezat,  pembuatan selai pepaya mempunyai potensi untuk dikembangkan. Selai pepaya ini selain bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya, dapat juga dijadikan usaha Home Industri untuk menambah pendapatan rumah tangga ataupun kelompok mitra.


Keywords


Pemanfaatan Carica Papaya; Desa Ledokombo; Selai Pepaya

Full Text:

PDF

References


Universitas Muhammadiyah Jember 2020. Buku panduan kuliah kerja nyata.

Rendra, N.T. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. Buleleng: Universitas Pendidikan Ganesha. https://wismasastra.files.wordpress.com/2018/08/contoh-artikel-pengabdian-masyarakat.pdf. Diakses pada Rabu, 4 Maret 2020 pukul 14.00 WIB.

Fauziyyah, S. (2012). Pengaruh Perkembangan Kewirausahaan Terhadap Tingkat Perekonomian Indonesia: Wordpress https://salmafauziyyah.wordpress.com/2012/04/29/artikel-ilmiah-pengaruh-perkembangan-kewirausahaan-terhadap-tingkat-perekonomian-indonesia/. Diakses pada Rabu, 4 Maret 2020 pukul 17.00 WIB.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v1i2.5013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Kholifah, Amalia Eva Nurhadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957