Pelatihan Power Point Pada Guru Madrasah Diniyah dan Pengadaan Liquid Crystal Displa (LCD) Proyektor Yayasan Al-Muhlisin Pakem Bondowoso

Hudaini Hasbi, Lutfi Ali Muharom, Abdul Jalil, Faridatul Munawaroh, Pio Tifar Ananda, Ipung Dwiansyah

Abstract


Yayasan Al-Muhlisin Merupakan Lembaga yang bergerak dalam Pendidikan Islam yakni Taman Pendidikan Quran (Dengan Program Unggulan Tahfizul Quran) dan Madrasah Diniyah yang merupanan lembaga pendidikan yang keseluruhan mata pelajarannya adalah mata pelajaran agama Islam yang memungkinkan peserta didiknya menguasai materi ilmu agama secara baik dikarenakan padat dan lengkapnya materi ilmu agama yang disajikan dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran Madrasah Diniyah Yasan Al-Muhlisin saat ini masih menngunakan metode baca tulis secara konfensional tanpa danya dukungan teknologi moderen. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan fasilitas pendukung pembelajaran berbasis teknologi informasi dan memberikan pemahaman guru madrasah dalam mamanfaatkan media pebelajaran berbasis teknologi visual yang efektif dan menarik dalam hal ini power point untuk meningkatkan minat belajar santri.

Keywords


Pembelajaran; Teknologi Informasi; Santri

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. M. P., Henry Januar Saputra, Husni Wakhyudin, & Rafika Nuriafuri. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas III Terhadap Penggunaan Teknologi LCDProyektor Di Sekolah Dasar Negeri Sendangmulyo 02 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1788 - 1795.

Anadia, P., Syaflin, S. L., & Hermansah, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 12-20.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.

Junanto, S. (2016). Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Diniyah Miftachul Hikmah De-nanyar Tangen Sragen. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 177

Maryono, M., Susanto, H., & Syam, A. R. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di sekolah. Journal of Is-lamic Education and Innovation, 106-115.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihat, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifikah?. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah –Syari’ah Is-lamiyah, 3 (1), 43-48

Muthoharoh, M. (2019). Media Power Point dalam Pembelajaran. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah –Syari’ah Islamiyah, 6 (1), 21-31

Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 181–202.

Nurzaman. (2018). The development of madrasah diniyah in indonesia. International Journal Of Religious Studies, 6(2), 81–104.

Rosdiana, R. (2023). Meningkatkan Pemahaman Materi Menerima Qada’dan Qadar Melalui Media Pembelajaran (Proyektor Liquid Crystal Display (LCD)) Di Kelas VI UPT SD Negeri 14 Batang. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Umawaitina, I. M., Bahtiar, B., & Robo, T. (2021). Penggunaan Media Power Poin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Alhilaal Sanana. Pangea: Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi, 3(2), 252-262.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i2.23776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hudaini Hasbi, Lutfi Ali Muharom, Abdul Jalil, Faridatul Munawaroh, Pio Tifar Ananda, Ipung Dwiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor