Peran Mahasiswa KKN Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dikalangan Pelajar Desa Papringan

Shohibul Ulum, Lutfian Ubaidillah, Bintang Rizky Permana, Hestina Restu Astika, Merlin Rohimah

Abstract


Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang berkontribusi dalam berbagai aspek, termasuk dibidang pendidikan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dikalangan pelajar Desa Papringan. Hasil observasi dan wawancara, berbagai pemasalahan yang ditemukan seperti rendahnya minat belajar siswa, kurangnya motivasi dari orang tua, tingginya angka pernikahan dini yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Dengan berbagai permasalahan tersebut, mahasiswa mengimplementasikan sejumlah program kerja seperti mengajar di lembaga pendidikan formal dan non formal, pelatihan baris berbaris (PBB), sosialisasi tentang 3 dosa besar pendidikan (bulyying, kekerasan seksual, dan sikap intoleransi), serta pengecatan lembaga TK dan SD. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. Teknik pelaksanaanya melalui beberapa tahapan yaitu observasi dan wawancara, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Mahasiswa KKN berhasil memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh siswa, guru, dan masyarakat setempat, dengan menciptakan susasana belajar lebih efektif dan dinamis, meningkatkan kemauan dan motivasi belajar siswa. Keterlibatan mahasiswa KKN tidak hanya diperbantukan tetapi juga sebagai tenaga pengajar yang langsung menghadapi siswa-siswi tersebut sehingga membuka peluang membuat perubahan berkelanjutan dalam  sistem pendidikan di Desa Papringan. Hasil pengabdian ini diharapkan menjadi contoh bagi program KKN lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah lainnya.

Keywords


KKN; kualitas; Pendidikan; Mahasiswa

References


Hakim, R. R. Al. (2021). Pencegahan penularan Covid-19 berbasis aplikasi Android sebagai implementasi kegiatan KKN tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7–13.

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Lazwardi, D. (2017). Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Vol . 7 No. 1, Juni 2017. Jurnal Kependidikan Islam, 1, 99–112.

Purba, S. A. A. D., Wulandari, F., Setiawan, H., & Zainun, Z. (2023). Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Dalam Bidang Pendidikan Di Sdn 091422 Bahbutong Ii Sidamanik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8361–8364.

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKNTematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(1), 1. https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.372

Yadi, T., & Harahap, S. (2023). Peran Mahasiswa/I Kkn Uin-Sumatera Utara Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Belajar Mengajar Di Desa Aek Gambir Kec. Lumut …. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 392–398. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/260%0Ahttp://jahe.or.id/index.php/jahe/article/download/260/138

Yudiana, & Kholidun Ni’am, F. A. L. (2019). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Desa Cibanteng. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 401. https://doi.org/10.32832/abdidos.v3i4.468




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i2.23774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Shohibul Ulum, Lutfian Ubaidillah, Bintang Rizky Permana, Hestina Restu Astika, Merlin Rohimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor