Sosialisasi dan Edukasi Anti-Bullying di SDN Kebonan 1 untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Harmonis
Abstract
Di era digital saat ini, masyarakat menghadapi berbagi masalah sosial, di antaranya adalah bullying atau penindasan, yang kini semakin mengkhawatirkan di lingkungan pendidkan, khususnya di tingkat sekolah dasar. Masalah ini diperburuk oleh lingkungan Pendidikan, khususnya ditingkat sekolah dasar. Masalah ini diperburuk oleh pengaruh teknologi yang dapat menciptakan stigma negatif di masyarakat. Penelitian ini berfokus pada SDN Kebonan 1 kecematan Klakah, Kabupaten Lumajang, untuk mengeksplorasi dampak bullying terhadap Kesehatan
mental siswa dan bagaimana hal ini memperngaruhi knerja akademik serta hubungan sosial mereka. Temuan menunjukan bahwa bullying, baik verbal maupun non-verbal, berdampak signifikan terhadap Kesehatan psikologis siswa, yang dapat mengakibatkan stress, kecemasan, dan depresi. Dampak tersebut juga berpengaruh pada motivasi belajar dan prestasi akademik siswa. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pendekatan yang komprehensif, termasuk kebijakan anti-bullying, edukasi, dan dukungan psikologis. Peran orang tua juga sangat penting dalam menciptakan komunikasi terbuka dan memantau penggunaan teknologi oleh anak-anak. Dengan pendekatan yangteintegrasi dan upaya yang konsisten, diharapkan bullying dapat diminimalisir dan lingkungan sekolah menjadi lebih aman serta mendukung.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hasanah, M., Nursalim, M., & Si, M. (n.d.). Pengaruh Bullying Terhadap Percaya Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di UPT SMP Negeri 14 Gresik.
Maghfiroh, N., & Nasir, M. (2021). STAINU Purworejo: Jurnal As Sibyan DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI AL HUDA BLEBER PURWOREJO. Siti Anisatun Nafiah |, 125(2). https://ejournal.stainupwr.ac.id/
Najah, N., Sumarwiyah, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1184–1191. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060
Prasetyo, K. B. A. (2011). No Title. Bullying Di Sekolah Dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak. El-Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam, IV.
Purnama Sari, E., Keilmuan Keperawatan Jiwa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, B., & Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan, M. (2017). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH The Factors Affect Bullying on School-Age Children In Elementary Schools the Syiah Kuala Subdistrict In Banda Aceh. Idea Nursing Journal, VIII(3).
Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKNTematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.
Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Grasindo.
Suparman, D. (2015). PEMBELAJARAN IBADAH SHALAT DALAM PERPEKTIF PSIKIS DAN MEDIS. IX(2).
Syilfa Nirwana. (2024). Pengaruh Bullying terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 130–142. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3126
DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i2.23773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Handa Aprisco, Alexandra Loesia, Adelia Pinnky, Sevia Aylula, Gilang Satria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957