Revitalisasi Perpustakaan Untuk Upaya Meningkatkan Minat baca Siswa SDN 02 Tempursari

Wheka Isnanda, Salsabila Fara, Fildza Jiharani Imamah, Gardina Aulin Nuha

Abstract


Revitalisasi perpustakaan sekolah merupakan upaya strategis dalam meningkatkan minat baca siswa, yang dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan. SDN 02 Tempusari memiliki fasilitas perpustakaan yang sangat memadai dari segi ruangan dan jumlah buku yang dimiliki, namun jumlah pengunjung perpustakaan dari siswa masih sangat rendah. Faktor kondisi ruangan dan segi penataan ruang yang tidak tertata rapi dengan baik yang diduga menjadi penyebab utama dari rendahnya minat siswa dalam mengunjungi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak revitalisasi perpustakaan terhadap minat baca siswa di tingkat sekolah dasar. Revitalisasi ini mencakup perbaikan tata ruang serta revitalisasi fisik dan estetika perpustakaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki dan mempercantik tampilan fisik perpustakaan, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih menarik dan nyaman bagi siswa dan pengunjung. Dengan suasana yang lebih menyenangkan, diharapkan minat siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas yang ada akan meningkat, sehingga turut mendukung peningkatan minat baca dan literasi 

Keywords


Revitalisasi, perpustakaan, minat baca

References


Alam, A. (2010). Perpustakaan Tempat Belajar Sepanjang Hayat. Media Indonesia, Jakarta: Kamis, 7 Oktober: hlm.1, kolom 2.

Asmoro, B. T., & Sari, D. K. (2020). Meningkatkan Literasi Siswa Desa Sukodono Kecamatan Dampit Kabupaten Malang Melalui Revitalisasi Perpustakaan Desa. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280-288.

Conyers, D. (1994). Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga: Suatu Pengantar, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Imron, M. A., & Kuntarto, E. (2019). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Repository Unja.

Munawarah, S. (2020). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Journal of Basic Education Research, 1(2), 58-61.

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKNTematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.

Subroto, E., Tensiska, dan Indiarto. R. (2014). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan dalam upaya Mendukung Ketahanan Pangan di Desa Girijaya dan Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Dharmakarya. 13 (1) 1-4.

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., ... & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68.

Suwahyono, N. (2004). Pedoman Penampilan Majalah Ilmiah Indonesia. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah, LIPI.

Zaenuddin, A. (2018). REVITALISASI PERPUSTAKAAN;(Upaya Menjadikan Perpustakaan Sebagai Sumber Pembelajaran Di Iain Sultan Amai Gorontalo). Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 1(1), 68-82.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i2.23770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wheka Isnanda, Salsabila Fara, Fildza Jiharani Imamah, Gardina Aulin Nuha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor