Pemberdayaan UMKM, KKN-T Kelompok 26 Adakan Pendampingan Melalui Branding Produk dan Pembuatan NIB Di Desa Bandaran
Abstract
Pemberdayaan UMKM, KKN-T Kelompok 26 Adakan Pendampingan Melalui Branding Produk dan Pembuatan NIB Di Desa Bandaran merupakan program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Bandaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya branding produk dan legalitas usaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melalui pendampingan langsung kepada pelaku UMKM, meliputi pelatihan branding produk dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB). Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan pelaku UMKM tentang pentingnya branding produk dan berhasilnya membantu sejumlah UMKM memperoleh NIB. Dengan demikian, diharapkan program ini dapat berkontribusi pada pengembangan UMKM di Desa Bandaran dan meningkatkan perekonomian masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, G., & Wahanggara, V. (2021). Branding Produk Sebagai Solusi UMKM di Masa Pandemi. Journal of Community Development, 2(1), 56–59.
Atmojo, M. E., & Kusumo, M. P. (2022). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 378–385.
Faiz Muntazori, A., & Listya, A. (2021). Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal melalui Desain Logo. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(3), 342–351.
Novita, D., Widayati, S., Irawati, D. R., Rokoyah, K., & Lusita, M. D. (2022). Strategi Digital Branding Yang Efektif Untuk Umkm Menggunakan Tiktok. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3507–3512.
Oktavianingrum, A., Hidayati, D. N., & Nawangsari, E. R. (2023). Strategi Branding Membangun Brand Identity Umkm. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 1829–1836.
Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKNTematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.
Siswanto, Saputro, A., Anif, M., & Prasetyo, B. H. (2022). Desain Branding Kemasan Produk UMKM Yang Menarik dan Ekonomis. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (SISFOTEK), 194–201.
Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., & Yudawisastra, H. G. (2022). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.
Syahputra, R. A., Putri, C. W. A., Maliza, N. O., & Lestari, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 521–527.
Yulfanis, A., Yuniarti, R., & Winarti, E. (2021). Branding Upaya UMKM Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(2), 47–58.
DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i2.23767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Vinet Irgiyanuarini, Refika Nanda Saputri, Muhlisin Rasuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957