Pandemi COVID-19 telah mendorong UMKM untuk beradaptasi dan berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi inovasi yang dilakukan oleh UMKM di desa curahpetung dalam menghadapi tantangan pasca pandemi. Inovasi yang dilakukan mulai dari inovasi rasa, packaging, dan lain sebagainya. Melalui pendekatan eksploratif deskriptif dengan melakukan analisis terhadap UMKM sehingga siap bersaing untuk menghadapi persaingan pasar lokal, ditemukan bahwa banyak UMKM yang belum terdaftar Nomor Induk Berusaha (NIB), serta packaging yang masih belum sesuai seperti belum memiliki logo dan tanggal expired. Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi merupakan kunci keberhasilan UMKM dalam bertahan dan tumbuh pasca pandemi. oleh karena itu pembuatan NIB menjadi salah satu hal yang dilakukan dalam KKN tematik ini melalui pendekatan terhadap Masyarakat setempat.
Wulandari,Ika (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission DINAMISIA Vol. 6, No. 2 April 2022, Hal. 386-394.
Kurniawan e, Maharani D (2021). SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM. Informatika M(2021) 31-36.
Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKNTematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.
Rizal M, Laila A SOSIALISASI DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI DESA. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat Vol. 1 No. 1, April 2021, hlm. 31 – 36.
Leiwakabessy T, Ikbal L, Ananda G (2023). SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM NEGERI HALONG. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Juli 2023. Volume 1 Nomor 3. Hal. 158 – 163.