Sosialisasi Anti Bullying Dalam Memberikan Lingkungan Sekolah Yang Aman Dan Inklusif Di SMAN 1 Tanggul

Jekti Rahayu, Astri Shofiyah Sholikhah, Sonea Ulfiatin, Nurul Fitriana Lestari

Abstract


Desa Patemon, Selasa, 05 Maret 2024. Keberadaan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Muhammadiyah Jember kelompok 09 di Desa Patemon tidak hanya menjadi agen perubahan dalam pengembangan masyarakat, namun juga menjadi sosok inspiratif dalam melawan tindakan bullying di lingkungan sekolah. Mahasiswa KKN-T kelompok 09 dari Universitas Muhammadiyah Jember menggelar program sosialisasi anti-bullying di SMA 1 Patemon. Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi mengenai bullying, dampaknya terhadap korban, serta peran setiap individu dalam mencegah dan melawan tindakan tersebut. Mahasiswa KKN-T kelompok 09 menggunakan metode penyampaian yang interaktif dan menarik, melibatkan siswa-siswi dalam diskusi kelompok dan permainan peran untuk memahami konsep dengan lebih baik. Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN-T kelompok 09 tidak hanya memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang anti-bullying, tetaoi juga berperan sebagai contoh yang baik bagi siswa-siswi di SMA 1 Patemon. Harapannya, semangat baik dari kegiatan sosialisasi ini dapat terus berkembang dan menjadi landasan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan penuh kepedulian.

Keywords


Bullying; Kekerasan; Remaja

Full Text:

PDF

References


Putri, Elsya Derma. 2022. “Kasus Bullying Di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya.” Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian 10: 24–30.

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKN Tematik COVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.

Tang, Indo, Wido Supraha, and Imas Kania Rahman. 2020. “Upaya Mengatasinya Perilaku Perundungan Pada Usia Remaja.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14(2): 93.

Theodore, Wenny, and Shanty Sudarji. 2020. “Faktor-Faktor Perilaku Perundungan Pada Pelajar Usia Remaja Di Jakarta.” Psibernetika 12(2): 67–79.

ZAKIYAH, ELA ZAIN, SAHADI HUMAEDI, and MEILANNY BUDIARTI SANTOSO. 2017. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4(2): 324–30.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i1.22716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jekti Rahayu, Astri Shofiyah Sholikhah, Sonea Ulfiatin, Nurul Fitriana Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957