Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Dengan Teknologi Nutriemeal Baleage Berbahan Jerami Padi di Desa Gubrih, Wringin, Kabupaten Bondowoso

Mohammad Ubaidillah, Sholeh Avivi, Mohamad Sugiono, Sri Hartatik, Abdul Jalil

Abstract


Desa Gubrih adalah sebuah desa di Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.  Desa ini terletak di ujung barat laut wilayah Kabupaten Bondowoso, yang kondisi geografisnya merupakan daerah dataran tinggi dengan ketinggian 482 mdpl. Mayoritas penduduk Desa Gubrih bermata pencaharian sebagai petani, yang  juga berprofesi sebagai peternak. Dalam hal ini peternak bukan dianggap sebagai profesi, namun terintegrasi dengan kegiatan petani sebagai bentuk usaha sekunder.Pembuatan pakan ternak yang dapat dilakukan ketika masa panen padi tiba akan sangat membantu petani dalam penyediaan pakan ternak jangka panjang. Pembuatan pakan ternak dengan teknologi Nutriemeal Baleage dari bahan dasar jerami padi kering dapat menjadi solusi bagi petani dan peternak desa Gubrih. Pelatihan pembuatan baleage dari jerami padi dimulai dengan pencarian informasi permasalahan petani di desa, FGD, pelatihan, praktek pembuatan, serta monitoring pelaksanaan hasil kegiatan.  Pada pelatihan ini, tim Universitas Jember telah menghibahkan satu unit mesin pembuatan baleage yang digunakan secara bergantian oleh para petani dan peternak.  Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberi pelatihan pada peternak dalam mengolah limbah jerami menjadi pakan penuh nutrisi dan tahan disimpan lama. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peternak sangat antusias untuk membuat pakan berupa baleage yang kaya akan nutrisi, dan dapat disimpan lama. Ternak yang diberi makan baleage  ternyata juga meningkat nafsu makannya.

Keywords


Nutriemeal Baleage; Jerami padi; Makanan ternak; Desa Gubrih

Full Text:

PDF

References


Chalisty, V. D., R. Utomo., dan Z. Bachruddin, 2017. Pengaruh Penambahan Molases, Lactobacillus Plantarum, Trichoderma Viride, Dan Campurannya Terhadap Kualitas Silase Total Campuran Hijauan. 2017. Buletin Peternakan Vol. 41 (4): 431-438. DOI: 10.21059/buletinpeternak.v41i4.17337

Khasanah, H., Purnamasari, L. and Kusbianto, D.E., 2020, January. Pemanfaatan MOL (Mikroorganisme Lokal) sebagai Substitusi Biostarter EM4 untuk Meningkatkan Kualitas Nutrisi Pakan Fermentasi Berbasis Tongkol dan Tumpi Jagung. In Pro-siding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner (pp. 357-364).

Muck, R.E., Nadeau, E.M.G., McAllister, T.A., Contreras-Govea, F.E., Santos, M.C. and Kung Jr, L., 2018. Silage review: Recent advances and future uses of silage addi-tives. Journal of dairy science, 101(5), pp.3980-4000.

Ly, V., Parreira, V.R. and Farber, J.M., 2019. Current understanding and perspectives on Listeria monocytogenes in low-moisture foods. Current opinion in food science, 26, pp.18-24.

Queiroz, O.C.M., Ogunade, I.M., Weinberg, Z. and Adesogan, A.T., 2018. Silage review: Foodborne pathogens in silage and their mitigation by silage additives. Journal of dairy science, 101(5), pp.4132-4142.

Widyastuti, Y. 2008. Fermentasi Silase dan Manfaat Probiotik Silase bagi Ruminansia. Media Peternakan, Vol. 31 No. 3, hlm. 225-232

Zahiroddini, H., J. Baah, W. Absalom, and T. A. McAllister. 2004. Effect of an inoculant and hydrolytic enzymes on fermentation and nutritive value of whole crop barley si-lage. Anim. Feed Sci. Technol. 117:317–330.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i1.22706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mohammad Ubaidillah, Sholeh Avivi, Mohamad Sugiono, Sri Hartatik, Abdul Jalil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957