Amaliah Muhammadiyah: Manajemen Wakaf Tanah & Pemakmuran Masjid

Haris Hermawan, Ahmad Nur Mahfuda

Abstract


Masjid dalam Islam bukan sekedar nama bangunan rumah ibadah saja, memang fungsi paling utamanya untuk penanaman aqidah yang lurus, ibadah shalat, zakat dan pembentukkan kepribadian muslim utuh dan sempurna. Masjid dalam sejarah peradaban Islam adalah basis utama pembentukan, pergerakan dan kemajuan umat sepanjang waktu Keterkaitan masjid dengan umat, tentu dapat menjadi parameter kondisi umat. Makmurnya masjid disebabkan makmurnya umat, umat miskin menjadikan masjid sepi. Indikator miskin dapat juga di ambilkan dari masjidnya. Marabahaya yang menimpa umat sekaligus juga musibah bagi masjid. Masjid dan umat dua entitas dalam satu tubuh dan nyawa. “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. Tawbah/9:18). Amaliah Muhammadiyah melalui manajemen wakaf dan pemakmuran masjid dilakukan di lingkungan Talangsari, Kabupaten Jember, metode asset based communities development (ABCD) dilakukan melalui partisipatif dan literasi pembelajaran berbasis modul  dan menghasilkan peserta yang mampu literasi masjid sebagai pusat keunggulan dan kemuliaan umat dalam arti yang sesungguhnya.

Keywords


Amaliyah Muhammadiyah; Manajemen Wakaf Tanah; Pemakmuran Masjid

Full Text:

PDF

References


Ainol. (2023). GERAKAN KOLABORATIF MASYARAKAT LERENG GUNUNG BROMO. Al-KHIDMAH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 155-172.

Gozali.I. (2023). Bimbingan Teknis Manajemen Masjid sebagai. MAYARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-8.

Habibulloh., R. (2023). PROFESIONALISME NADZIR DALAM PENGELOLAAN WAKAF DI MASJID AL. RIBHUNA : Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah , 94-103.

Jaharuddin., B. (2023). SOSIALISASI MANAJEMEN WAKAF PRODUKTIF BERBASIS. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat , 269-283.

Kretzmann, J. L. (1993). Building Communities From the Inside Out: A Path Toward Finding and Mobilizing a Community's Assets. Chicago: Chicago, IL: ACTA Publications.

Samad.D., Z. (2021). Masjid Makmur, Memakmurkan dan Pengembangan Ekonomi Syariah Berbasis Masjid. PW DMI Sumbar.

Thantawi.AM., F. (2022). BIMBINGAN TEKNIK DAN PENDAMPINGAN APLIKASI SMART. Jurnal IKRATH-ABDIMAS, 225-232.

Yusuf.M.Z. (2022). OPTIMALISASI WAKAF TANAH PERSPEKTIF ISTIBDAL (STUDI PADA. Jurnal Magister Ekonomi Syariah, 64-73.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i1.22703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Haris Hermawan, Ahmad Nur Mahfuda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957