Efektivitas Kelompok Bermain Pada Anak Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Menghadapi Ujian Di SDN Wirolegi 04

Dhian Wahana Putra, Mad Zaini, Aliyyuddin Hidayattullah, Achmad Ramadhani, Dimas Anggara Putra

Abstract


Kepercayaan diri merupakan sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap dirinya maupun terhadap lingkungan atau situasi yang sedang dihadapinya. Idealnya kepercayaan diri yang dimiliki individu haruslah berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini dimaksudkan agar mampu mengembangkan aspek – aspek yang ada dalam dirinya, dibutuhkan kepercayaan diri yang tinggi pada individu tersebut. Bermain dapat menjadi sarana untuk merangsang perkembangan anak dan membantu mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terapi bermain dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Kegiatan ini dilakukan di SDN Wirolegi 04, yang di ikuti oleh 78 siswa. Berdasarkan hasil observasi, sebanyak 56 anak mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi sedangkan 22 lainnya kurang mempunyai rasa percaya diri sehingga butuh bimbingan lebih untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.


Keywords


kepercayaan diri; permainan; siswa

Full Text:

PDF

References


Mashar, R. (2014). emosi anak usia dini dan strategi penanganannya. jakarta: kencana perdana media grup.

Iriani, I. H. (2016). psikologi perkembangan anak. Jakarta: PT Indeks.

Jefrey, S. B. (2005). psikologi abnormal. jakarta: penerbit erlangga.

Fricilia E, A. Y. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi Di RSUPD Kandou Manado. Jurnal Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran, 2.

Rais, Muhammad. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. AL-IRSYAD. 12. 40. 10.30829/al-irsyad.v12i1.11935.

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata: (KKN TematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.

Rohayati (2011). Program Bimbingan Teman Sebaya untuk meningkatkan Percaya diri siswa. Bandung. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v4i1.20944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dhian Wahana Putra, Mad Zaini, Aliyyuddin Hidayattullah, Achmad Ramadhani, Dimas Anggara Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957