Penerapan sistem aquaponik budidaya ikan lele dalam ember “Aquaponik Budikdamber” sebagai strategi meningkatkan perekonomian masyarakat di Kelurahan Kranjingan

Laras Sekar Arum, Adinda Thalia Salsabila, Dewi Yulita Sari, Irma Rohmaniyah

Abstract


Pengabdian yang dilakukan mahasiswa KKN Unmuh Jember di Kelurahan Kranjingan melalui Aquaponik Budikdamber yaitu penerapan sistem aquaponik dengan menyatukan budidaya tanaman dan ikan lele dalam ember. Tujuan dari pengabdian ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta sebagai alternative menangani lahan sempit di kelurahan kranjingan. Metode yang digunakan berupa pendampingan pembuatan budidaya tanaman kangkung dan ikan lele dalam satu ember yang memanfaatkan barang bekas kepada warga RT 1 RW 3 Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Hasil dari pen-dampingan ini banyak warga yang menerapkan budikdamber di pelataran rumah masing-masing.


Keywords


budikdamber; aquaponik; pendampingan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Aini, Fitri, Revis Asra, Hasnaul Maritsa, Ashif Irvan Yusuf, and Ahmad Sazali. 2020. “Penerapan Teknik Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER) Di Ling-kungan Masyarakat Desa Talang Inuman Muara Bulian.” Journal Of Rural and Urban Community Empowerment 2(1):29–36.

BPS Kabupaten Jember. n.d. “Kabupaten Jember.” Badan Pusat Statistik Kabupaten Jem-ber.

Haidiputri, Trivosa Aprilia, and Muhammad Syarif Hidayatullah Elmas. 2021. “Pengenalan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember) Untuk Ketahanan Pangan Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.” Jurnal Abdi Panca Mara 2(1):42–45. doi: 10.51747/abdipancamara.v2i1.737.

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata: (KKN TematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v4i1.20943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Laras Sekar Arum, Adinda Thalia Salsabila, Dewi Yulita Sari, Irma Rohmaniyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957