Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Siswa Melalui Pelatihan Pemasaran Produk

Saipul Wakit

Abstract


Kewirausahaan merupakan kegiatan untuk menumbuhkan inovasi dan potensi diri dalam meningkatkan kesejahtraan maupun keuntungan secara ekonomi. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah kebutuhan seseorang dalam rangka untuk memperoleh kesejahtraan secara materi maupun non material. Secara obyektif kemampuan kewirausahaan belum banyak dimiliki oleh mitra melainkan hanya sebagian kecil. Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh mitra yakni terdapat beberpa persolan yang harus dituntaskan yaitu minimnya pengetahuan, pengalaman, dan motivasi mitra dalam kegiatan kewirausahaan. Untuk menjawab masalah mitra dilakukan melalui metode diskusi, pelatihan, motivasi dan dilakukan sebuah role play kegiatan kewirausahaan dan pemasaran. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan secara signifikan dari hal pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mitra dalam bidang pemasaran produk melalui role play. Secara subyektif adaanya motivasi yang tinggi mitra untuk membangun uasaha mandiri untuk meningkatkan kompetensi dan inovasi.  

 


Keywords


Kewirausahaan, Pelatihan, siswa, Pemasaran dan Produk

Full Text:

PDF

References


Bahtiyar, R.S (2019). Metode Role Playing dalam Peningkatkan Keterampilan Bercerita Pengalaman Jual Beli pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 3, No. 1, hal. 72-78.

Farida, N.S. (2017). Manfaat penerapan metode pembelajaran role Playing pada prak-tikum seni tata hiding. Jurnal Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. Vol. 6, No. 1, hal. 82-91.

Khamimah, W. (2020). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia, Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No.3, hal. 228-2240.

Kusuma, D. (2016) Pengaruh Efikasi Diri Dan Fasilitas Belajar Terhadapprestasi Belajar Siswa Program Keahlian Pemasaran Smk Negeri 1 Sukoharjo, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, Vol 2, No 2, Hal. 1-15.

Nuryati, (2021). Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home, Aṣ-ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6, No. 2. Hal. 141-148.

Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2011 tentang Pengembangan Kewirausahaan Dan Kepeloporan Pemuda Serta Penyediaan Prasarana Dan Sarana Kepemudaan.

Pratama, A. (2019). Pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap prestasi kerja di PT. Sentra anugrah motor, Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 3 No. 2, hal. 242-253.

Said. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Ket-erampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 2 Padurenan, Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan ISSN 2615-5443, Vol. 2 No. 1, hal. 9-17.

Saragih, R. (2017) Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial, Jurnal Kewirausahaan, Vol.3, No.2, Hal. 27-34.

Undang-Undang Republik Indonesia tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v4i1.20942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Saipul Wakit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor