Pemberdayaan Guru TK melalui Pelatihan IT

Khoiriyah Khoiriyah, Christine Wulandari S

Abstract


Di era digital ini, guru harus memanfaatkan IT dalam mengajar sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang relevan dengan zaman. Sayangnya, kami telah mengamati bahwa kemampuan TI dan penggunaannya dalam pembelajaran masih sangat rendah. Hal ini tercermin dari kegiatan pembelajaran yang terkesan monoton dan kurang inovasi. Oleh karena itu, kami menyadari perlunya pelatihan bagi para guru dalam menggunakan IT. Mereka adalah guru TK Aisyiyah se-Kabupaten Jember . Kami memulai pelatihan dengan memberikan seminar singkat untuk menumbuhkan pemahaman tentang pentingnya penggunaan TI untuk pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kemudian kami memberikan pelatihan bagi para guru di sekolah-sekolah tersebut tentang penggunaan sumber informasi yang tepat untuk pembelajaran di kelas, pelatihan pembuatan bahan dan media pembelajaran yang inovatif dan pemanfaatan bahan dan media yang telah dibuat menjadi bahan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Pelatihan ini akhirnya dilaksanakan dengan kesan yang sangat baik bagi para guru. Proses kegiatan pelatihan berjalan lancar dan para guru memberikan umpan balik yang baik dan merasa bahwa pelatihan semacam ini sangat bermanfaat dan berharap akan ada pelatihan serupa di kesempatan lain..


Keywords


Anak usia dini, Pelatihan TI Era Digital, Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Kreatif

Full Text:

PDF

References


Herlina (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Model Pembelajaran Melalui Lokakarya di SD Negeri 009 Seberang Teluk Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) , 2 (5), 812-819.

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabet.

Murti & Madya (2013). Pendidikan Abad 21 dan Implementasinya pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Untuk Paket Keahlian Desain Interior”. Artikel Kurikulum 2013 SMK, Jakarta , 2013, 23.

Palvia, dkk. (2018). Pendidikan Daring: Status, Tantangan, Tren, dan Implikasi Seluruh Dunia. Jurnal Manajemen Teknologi Informasi Global .

Purnama (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Prosiding Al Hikmah Pendidikan Anak Usia Dini Islam . 5(1). 493-502.

Sugiarto, S. (2022). Penguatan Growth Mindset Guru dalam Persiapan Implementasi Ku-rikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat . 1(2). 75-78.

Sulastri (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran Kepada Para Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat dalam Humaniora dan Ilmu Sosial . 1(2).

Trianto (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Untuk Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v4i1.20930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khoiriyah Khoiriyah, Christine Wulandari S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957