Pemahaman Dan Pencegahan Penyakit Infeksius Bagi Guru SD Muhammadiyah Kaliwates Melalui Phast Ber-bantuan Picture And Picture

Kukuh Munandar, Auliya Nanda Prafitasari, Nunuk Purwa Hindah, Tasya Prawilia Hapsari

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SD Muhammadiyah Kaliwates Jember dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada siswa belum ideal. PHBS merupakan seperangkat pengetahuan dan keterampilan dalam menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi dan endemi. Untuk menanamkan pentingnya PHBS, perlu pemahaman dan pembiasaan sejak dini. Untuk itu, kegiatan ini didesain untuk memberikan keterampilan pada guru SD Muhammadiyah Kaliwates untuk membiasakan PHBS pada siswa. Dengan keterampilan tersebut, PHBS di sekolah akan berjalan dengan ideal. Kegiatan ini, PHBS dikenalkan melalui PHAST (Partisipatory Hygiene and Sanitation Transformation) berbantuan Picture and Picture. Model picture and picture merupakan model belajar sambil bermain melalui gambar. Hal ini sesuai dengan karakteristik pembelajaran pada anak usia dini, bahwa gambar menjadi salah satu media utama untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan. Metode pelaksanaan PkM dirancang dengan tahapan: 1) Tahapan observasi ke lembaga SD Muhammadiyah Kaliwates sebagai mitra kegiatan. Permasalahan yang ada diidentifikasi dan dicarikan solusi pemecahannya, serta mendiskusikan dengan pihak lembaga SD, dan 2) Pelaksanaan, yang meliputi: a) penyusunan tools kit PHBS dengan metode PHAS, dan b) pelaksanaan kegiatan, dengan tahapan: i) Guru SD mitra kegiatan beserta mahasiswa mengikuti pelatihan dan workshop melakukan pre-tes, ii) Tim pelaksana mendemonstrasikan metode PHAST berbantuan picture and picture, iii) peserta mengunakan picture and picture dengan tools kit PHBS sesuai ide dan inovasi pikirannya, iv) mendiskusikan permasalahan dan hasilnya dengan sesama peserta dan tim dosen, v) diakhiri dengan post-tes. Hasil kegiatan, secara umum pelaksanaan sangat memuaskan dan pemahaman akan pencegahan penyakit infeksius yaitu meningkat signifikan.


Keywords


PHBS, PHAST, infeksius, guru, sekolah dasa

Full Text:

PDF

References


Hartini & Munandar, K (2016). Sikap Dan Perilaku Keluarga Tentang Manfaat Jamban Dengan Kejadian Diare Di Bondowoso. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 1(1): 1-13

Keputusan Kepala BSKP No 033 tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Kuriku-lum Merdeka.

Munandar, K (2006). Sekolah Sehat Sebagai Agent Perubah Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Kebumen: Pamsimas Kabupaten Kebumen.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Permendikbud No. 146/2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Pradina, Y.A., and W. D. Hastuti (2017). The Effect of Picture and Picture Learning Model towards Science Outcomes for Students with Hearing Impairment in the Class VII. Journal of ICSAR, 1(2): 145-149

WHO (1998). PHAST step-by-step guide : a participatory approach for the control of diar-rhoeal disease. Geneva: World Health Organization




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v4i1.20927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kukuh Munandar, Auliya Nanda Prafitasari, Nunuk Purwa Hindah, Tasya Prawilia Hapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957