Optimalisasi Pengumpulan, Pendistribusian Serta Promosi Dalam Pengembangan Program Kegiatan Pada LAZISMU Kabupaten Jember 2022/2023

Miftahul Hasanah, Abd Rohman Fahruddin, Acel Putra Prabowo

Abstract


Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki penduduk dengan agama Islam terbanyak di dunia. Dalam pelaksaan segala kegiatan ibadah dilandasi oleh adanya pemahaman yang diperoleh melalui ideologi ibadah amaliah berdasarkan organisasi kemasyarakatan (ormas). Muhammadiyah merupakan ormas Islam yang memiliki ideologi tajdid dan tajrid dalam setiap gerakannya. Muhammadiyah berkecimpung pada berberapa sektor, antara lain sektor sosial, sektor kesehatan, dan sektor pendidikan. Dalam sektor social, Muhammadiyah menciptakan sebuah institusi dibawah naungan Muhammadiyah yaitu Lembaga Amil Zakat, Infaq & Shadaqah Muhammadiyah yang dikenal dengan nama LAZISMU. Lahirnya LAZISMU bertujuan untuk mengelola zakat menggunakan sistem manajemen terbaru yang bisa mendistribusikan zakat sebagai upaya penyelesaian masalah kesenjangan ekonomi yang ada di Indonesia. Lahirnya LAZISMU dilandasai oleh dua fakto. Faktor Pertama: kemiskinan yg semakin meluas, keterbatasan & sumberdaya insan yang minim. Kedua: zakat sanggup mewujudkan adanya keadilan sosial, berawal dari peningkatan sumberdaya insan menggunakan cara mewujudkan rakyat mandiri kuat agar penuntasan kemiskinan semakin dekat. LAZISMU menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional yg resmi dan diakui oleh pemerintah da selayaknya leambaga resmi tentu mempunyai Aplikasi khusus untuk men service para publik ataupun para muzamil. Diantaranya menggunakan menerapkan SIM (Sistem Keterangan Manajemen) agar mengoptimalisasi operasional LAZISMU menjadi amil Zakat. Tujuan LAZISMU yaitu menghimpun, mengelola, dan pentasarrufan dana zakat secara efektif dan tepat sasaran. Untuk itu diperlukan sistem yg mempunyai accesibility yang tinggi pada setiap transaksi yang dilakukan oleh LAZISMU. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah manajemen pengelolaan LAZISMU mulai dari pengumpulan, pendistribusian dan promosi yang dilakukan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui metode observasi, interview, documenter, serta menggunakan literatur pendukung yang relevan dengan bidang kajian. Hasil penelitian didapatkan bahwa program yang sudah dijalankan oleh LAZISMU sudah berjalan dengan baik, apalagi program tersebut ditunjang dengan dengan sistem yang modern. Namun LAZISMU juga harus tetap berinovasi dalam hal penghimpunan dananya agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

Keywords


LAZISMU, Pengumpulan; Pendistribusian; Sistem Informasi Manajemen

Full Text:

PDF

References


Bashori, D. C. (2019). Analisis Pengelolaan Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Masyarakat (Studi Lapangan Pada LAZISMU Kebupaten Jember). At-Tasharruf" Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah", 1(1), 1-9.

Coryna, A. I., & TANJUNG. H. 2015. “Formulasi Strategi Penghimpunan Zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)” dalam Formulasi Strategi Penghimpunan Volume 3 (hlm158-179) Jurnal Al-Muzara’ah: IPB Bogor.

Hasanah, M. (2019). Optimalisasi Peran Zakat Dan Wakaf Sebagai Jaring Pengaman Sosial. At-Tasharruf" Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah", 1(2), 114-120.

Inoed, A. (2005). Anatomi fiqh zakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pratama, Citra. Y, 2015. “Peran Zakat Dalam Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus: Program Zakat Produktif Pada Badan Amil Zakat Nasional” dalam The Journal of Tauhidinomics Volume 1 (hlm 93-104) Tauhidinomics: Journal Of Islamic Banking And Economics: UIN Syarifhidayatullah Jakarta

Strauss, A., & Corbin, J. (1990). Basics of qualitative research. Sage publications.

Sugiyono, M. (2008). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, M. (2019). Manajemen Pendistribusian Zakat Produktif Berdasarkan Akad Syar’i Dalam Mengembangkan Umkm Di Baznas Kabupaten Jember 2018-2019. At-Tasharruf" Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah", 1(1), 10-17.




DOI: https://doi.org/10.32528/at.v4i1.8211

Copyright (c) 2022 At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats