Pengaruh Motivasi Kerja Dan Loyalitas Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Pegawai PT Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Jember Sudirman)

Risa Afifatul Iftika, Siti Khayisatuzahro Nur

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan loyalitas kerja pegawai pada PT Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Jember Sudirman. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian explanatory research yakni dengan menyoroti hubungan kausal antara motivasi dan loyalitas dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah para pegawai BSI Kantor Cabang Jember Sudirman yang berjumlah 87 pegawai. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah total sampel. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer menggunakan penyebaran kuesioner kepada seluruh pegawai BSI kantor Cabang Jember Sudirman. Data dianalisis dengan regresi linier berganda yang dilakukan secara komputasi dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan loyalitas kerja pegawai pada PT Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Jember Sudirman berpengaruh terhadap kinerja pegawai baik secara simultan maupun parsial. Artinya setiap peningkatan pada motivasi dan loyalitas berimbas pada peningkatan kinerja pegawai, sehingga hipotesis dalam penelitian ini terbukti secara statistic. Sebagai saran kepada perusahaan atas penelitian ini, perusahaan perlu mempertahankan secara konsistensi komunikasi yang selama ini telah dibentuk seperti melakukan evaluasi, melakukan briefing serta melakukan pendampingan kapada pegawai dalam proses pelayanan kepada konsumen.


Keywords


Motivasi Kerja; Loyalitas Pegawai; Kinerja; BSI

Full Text:

PDF

References


Abubakar, dkk., 2006, Filantropi Islam & Keadilan Sosial: Studi Tentang Potensi, Tradisi, Dan Pemanfaatan Filantropi Islam di Indonesia, Jakarta: CSRC UIN Jakarta.

Al-Husain, A. S. 2021. Bank Indonesia: Tantangan Dan Strategi Dalam Mendorong Perekonomian Nasional. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategi.Vol. XIII, No.3/I/Puslit/Februari/2021

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara Mangkunegara, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rajagukguk, P. 2016. Pengaruh Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Study Pada PT Challenger Tanggerang). Ecodemica, 23- 31.

Sanjaya, Rido. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Barat). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung

Singarimbun, M & Effendi, S. 2011. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3S.

Siswanto, Sastrohadiwiryo. 2014. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia; Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, & Sudarwati. 2014. Pengaruh Motivasi Disiplin Kerja dan Kompetensi TerhadapKinerja Karyawan Dinas Pendidikan Sragen. Jurnal Paradigma Vol. 12 ISSN :1693-0827.

Sutanto, E. M., & Perdana, M. 2016. Antecedents Variable Of Employee Loyalty. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 18(2), 113. Retrieved from http://jurnalmanajemen.petra. ac.id/index.php/man/issue/view/3237




DOI: https://doi.org/10.32528/at.v4i2.7900

Copyright (c) 2023 At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats