Exchange Trade Fund (ETF) Syariah: Alternatif Investasi Syariah Yang Halal dan Menjanjikan

Miftahul Hasanah, Abd. Rohman Fahruddin, Badrut Tamami

Abstract


Perkembangan pasar modal Syariah kian pesat seiring dengan makin beragamnya berbagai alternatif instrument investasi yang dapat dipilih oleh investor dengan mudah sesuai dengan tujuan investasinya. Salah satu instrument investasi Syariah yang kini makin diminati yaitu Exchange Trade Fund (ETF) yang mulai dikenal secara luas pada tahun 2013. ETF merupakan kolaborasi dari saham dan reksadana yang bisa diperdagangkan pada pasar modal. Instrument ini juga memiliki banyak keuntungan bagi investor, diantaranya aksesnya mudah dan fleksibel, terjangkau, serta real time. Sebagai negara dengan sebagian besar penduduk Muslim, Indonesia menjadi pasar potensial dalam pengembangan pasar modal Syariah. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mendiskusikan peluang dan tantangan ETF Syariah di Indonesia yang dapat dijadikan alternatif instrument investasi yang halal dan menjanjikan berdasarkan sumber data dari berbagai literatur yang relevan.

Keywords


Exchange Trade Fund; Pasar Modal Syariah; Reksadana

Full Text:

PDF

References


Barclays. (2019). An introduction to Exchange Traded Funds (ETFs). Retrieved from

https://www.barclays.co.uk/smartinvestor/investments-explained/funds-etfs-andinvestment-trusts/introduction-to-exchangetraded-funds-etfs/

aa333

Bursa Efek Indonesia (2020a). Exchange Traded Funds. Retrieved November 10, 019, from Bursa Efek Indonesia website: https://www.idx.co.id/produk/exchange-tradedfund-et

Bursa Efek Indonesia (2020b). Pengantar Pasar Modal. Retrieved from https://www.idx.co.id/investor/pengantar-pasarmodal/

Farouk, F., & Masih, M. (2016). Are there profit (returns) in Shariah-compliant exchange traded funds? The multiscale propensity. Research in International Business and Finance, 38, 360– 375.

Fatwa Dewan Pengawas Syariah No:20/DSNMUI/IV/2001 Tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi Untuk Reksa Dana Syariah.

https://www.idx.co.id/idx-syariah/fatwa-regulasi/

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/regulasi/peraturan-pasar-modal syariah/Pages/POJK-19POJK042015.aspx

Hasanah, M. (2019). DINAMIKA PENERBITAN SUKUK DI INDONESIA. At-Tasharruf" Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah", 1(1), 29-36.

Hasanah, M. (2018). Implikasi Penerbitan Sukuk terhadap Kinerja Keuangan dan Kesejahteraan Karyawan (Studi pada Bank Muamalat Indonesia). Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance, 1(1), 14-31.

Cahyono, Jaka E. 2000. Cara Jitu Memilih Untung di Reksadana, (Jakarta: Elex Media Komputindo)

A. Djazuli, Yadi Janwari, Lembaga-lembaga Perekonomian Umat (Sebuah Pengenalan), Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002, Hal. 197-198.




DOI: https://doi.org/10.32528/at.v3i2.6764

Copyright (c) 2021 At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats