Optimalisasi Penerapan Akad-Akad dalam Produk Digital Perbankan Syariah

Dimas Herliandis Shadiqin, Salahuddin Rijal Arifin

Abstract


Pertumbuhan teknologi dan informasi menuntut Perbankanuntuk meningkatkan model pelayanan secara digital. Berbagai model aplikasi digital sudah dapat diakses oleh masyarakat dalam berbagai transaksi perbankan. Aplikasi yang digunakan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat secara cepat dan tepat. Dalam penerapan produk digital Perbankan syariah yang aman dan sesuai dengan ketentuan syariah. Maka pihak Perbankan syariah berupaya mendesain model aplikasi yang sesuai dengan penerapan akad-akad syariah. Selain itu upaya meningkatkan penggunaan digitalisasi Perbankan Syariah dapat diwujudkan dengan melakukan beberapa hal diantaranya:(1) melakukan sosialisasi kepda masyarakat teriakit produk digital Perbankan Syariah,(2) menyebarluaskan di berbagai media sosial terkait penggunaan produk digital Perbankan Syariah, (3) memberikan regulator baru bagi nasabah dalam menggunakan berbagai model produk digital Perbankan Syariah.

Keywords


Penerapan Akad; Produk Digital; Perbankan Syariah

Full Text:

PDF

References


Anam, C. (2018). E-money (Uang Elektronik) Dalam Perspektif Hukum Syari'ah. Qawãnïn, 2(1), 288214.

Ansori, A. (2016). Digitalisasi Ekonomi Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).

Apriyanti, H. W. (2018). Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 83-104.

Lahila, A. F., Jumarni, J. J., & Amalia, I. R. (2020). Optimalisasi Produk Bank Syariah dalam Menghadapi Digital banking (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kota Palopo). Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussiness, 3(1).

Mawarni, R. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah sebagai Upaya Customer Retantion Pada Masa Covid-19. AL IQTISHOD: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(2), 39-54.

Nuhyatia, I. (2013). Penerapan dan Aplikasi Akad Wakalah pada Produk Jasa Bank Syariah. Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, 3(2).

Sahroni, O. (2020). Fikih Muamalah Kontemporer: Jilid 3. Republika Penerbit.

Susanti, E. (2019). Inovasi Digital Banking Dan Kinerja Perbankan Di Indonesia.

Tahliani, H. (2020). Tantangan Perbankan Syariah Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Madani Syari'ah, 3(2), 92-113.




DOI: https://doi.org/10.32528/at.v3i2.6356

Copyright (c) 2021 At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats