Minat Nasabah Bank Konvensional Menggunakan Produk Dan Layanan Bank Syariah Studi Pada Masyarakat Desa Air Payang Kecamatan Pulau Laut
Abstract
Tujuan penelitian menganalisis dan mengetahui tingkat minat masyarakat nasabah bank konvensional yang ada di Desa Air Payang Kecamatan Pulau Laut untuk menggunakan Bank Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Air Payang Kecamatan Pulau Laut. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reliabilitas serta menggunakan tenik analisis data deskriptif produk moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat masyarakat Desa Air Payang untuk menggunakan bank syariah sebanyak 13,36% hal ini berarti masyarakat berminat menggunakan produk dan layanan di bank syariah. selanjutnya, diikuti oleh faktor agama sebanyak 30,67 %, faktor pendidikan 8,37 %, faktor pribadi 29,90%, faktor promosi 21,67%, faktor lokasi 12,94%. Faktor Agama menjadi faktor yang paling dominan bagi masyarakat untuk berminat menjadi nasabah di bank syariah, kemudian diikuti dengan faktor pribadi, faktor promosi, faktor lokasi, serta faktor Pendidikan. Saran untuk penelitian berikutnya adalah menambahkan jumlah sampel yang lebih besar agar mendapatkan gambaran lebih luas dan mewakili.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdallah, M., & Lubis, I. (2015). Analisis Minat Menabung Pada Bank Syariah Di Kalangan Siswa Sma Di Kota Medan (Studi Kasus: Siswa Madrasah Aliyah Negeri). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 3(6), 14859.
Addury, M. M. (2017). Bank Syariah Dalam Perspektif Nasabah Muslim. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 1–21.
Afriadi. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Masyarakat Komplek Perumahan Perumdam Kel. Kandang Mas Kec. Kampung Melayu Kota Bengkulu).
Albaity, M., & Rahman, M. (2019). The Intention To Use Islamic Banking: An Exploratory Study To Measure Islamic Financial Literacy. International Journal Of Emerging Markets, 14(5), 988–1012. Https://Doi.Org/10.1108/Ijoem-05-2018-0218
Andespa. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2(1).
Aniarsih, F., & Sunardi. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Masyarakat Muslim Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Kelurahan Kelapa Dua-Tangerang). Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 62.
Banowati, M. M., & Sholeh, M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 15(1), 20–26. Https://Doi.Org/10.21831/Jep.V15i1.20299
Damayanti, S. (2017). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 17. Https://Doi.Org/10.25105/Jmpj.V9i1.1412
Dayyan, M., Fahriansah, & Juprianto. (2017). Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Di Gampong Pondok Kemuning). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Jim), Vol. 1(No. 1), H. 1-19.
Hakim. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Membuka Rekening Bank Syariah. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 1(No. 1), 1–13.
Herdian Susandra. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Mahasiswa Terhadap Kode Etik Akuntan Publik. 53(9), 21–25. Http://Www.Elsevier.Com/Locate/Scp
Indi. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Muslim Menabung Di Bank Syariah. Journal Fakultas Ekonomi.
Kamal, H. (2014). Menelusuri Fatwa Dsn-Mui Tentang Ekonomi Syari ’ Ah ( Produk Penghimpunan Dana ). Jurnal Muamalah, 4(2), 27–32.
Khurniya. (2017). Pengaruh Marketing Mix Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Bank Syariah (Studi.
Mubarok, F. K. (2018). Peran Sosialisasi Dan Edukasi Dalam Menumbuhkan Minat Investasi Di Pasar Modal Syariah. Inovasi, 14(2), 113–122. Https://Doi.Org/10.29264/Jinv.V14i2.4119
Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. A. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan Dan Religiusitas Terhadap Minat Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Prodi Perbankan Syariah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 14–37.
Mujib, A. (2016). Manajemen Strategi Promosi Produk Pembiayaan Perbankan Syariah. Perbankan Syariah, 1(1), 75–99.
Rahman. (2013). Analisis Faktor Perpindahan Konsumen ( Customer Switching) Bank Konvensional Ke Bank Syariah Di Kota Bengkulu.
Rakhmah, Wahyuni, S., Miftakur, S., Adalah Mahasiswa, R., Studi, P., Fkip Unej, E., & S. (2014). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2011 Dan 2012 Fkip Universitas Jember). Mahasiswa Angkatan 2011 Dan 2012.
Roni Andespa. (2017). Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2(2), 1–14.
Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2017). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 43. Https://Doi.Org/10.21043/Equilibrium.V4i1.1837
Sari, E. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Berpindah (Customer Switching) Dari Bank Konvensional Ke Bank Syariah (Studi Pada Nasabah Bni Syariah Banda Aceh (Skripsi).
Saud, I. M., Teguh, I., Nugraheni, P., Ekonomi, F., & Yogyakarta, U. M. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah Perbankan Konvensional Beralih Ke Perbankan Syariah ( Studi Empiris Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di D . I . Y ). 14(2).
Triana, D., & Oktavianto, W. O. (2013). Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi Di Provinsi Banten. Jurnal Fondasi, 1(1), 182–190.
Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bmt Sumber Mulia Tuntang. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 277. Https://Doi.Org/10.18326/Muqtasid.V3i2.277-297
Widi, R. (2011). Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Stomatognatic, 8(1), 27–34.
Wilarjo, S. B. (2005). Pengertian, Peranan, Dan Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Igarss 2014, 2(1), 1–5.
Zulfikar Matodang. (2019). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Applied Mechanics And Materials, 6(1). Https://Doi.Org/10.4028/Www.Scientific.Net/Amm.496-500.1510
DOI: https://doi.org/10.32528/at.v3i1.5948
Copyright (c) 2021 At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah"
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats