Implementasi Media Tajwid Putar dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Askuri, I. (2018). Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik, 1(1), 6.
Eiva, S., & Putra, R. D. R. (2020). Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Pada Platform Android. SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, 6(1), 45-52. DOI: https://doi.org/10.33372/stn.v6i1.599
Fajri, N. (2018). Implementasi Aplikasi Media Pembelajaran Belajar Tajwid Menggunakan Macromedia Flash 8 (Portable) pada Min 25 Aceh Besar (Undegraduate Thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Fathoni. (2018). Guru Madrasah Ini Cipatakan Alat Peraga Tajwid Putar dan Faraid Putar. NU Online: Beranda Islam Indonesia. Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/99140/guru-madrasah-ini-ciptakan-alat-peraga-tajwid-putar-dan-faraid-putar. Diakses: 2 Maret 2020.
Hamalik, O. (2014). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Kharisma, D., Irzal, M., & Widyati, R. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Makharijul Huruf dan Tajwid Berbasis Android Sebagai Penunjang Pembelajaran Tahsin Tilawah. J-KOMA: Jurnal Ilmu Komputer Dan Aplikasi, 2(1). DOI: https://doi.org/10.21009/j-koma.v2i1.6493
Lidinillah, M. (2014). Game Pengenalan Tajwid Berbasis Mobile dengan Metode Iterative Deepening A* untuk Penentuan Arah Gerak Musuh (Undegraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Mildayanti, I., Arthana, I. K. R., Darmawiguna, I. G. M., & Kom, S. (2016). Pengembangan Game Edukasi “Tajwid Al Qur’an” Berbasis Android. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 5(2), 249-258. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v5i2.8302
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. California: Sage.
Mujib, F., & Rahmawati, N. (2013). Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogjakarta: Diva Press.
Rahmani, D. P. (2017). Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Manar Bener Tengaran Tahun Ajaran 2016/2017 (Undegraduate Thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga).
Ramdhanasari, D. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Tajwīd Putar terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran pai: Studi Kuasi Eksperimen Pada Sub Pokok Bahasan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwīn dan Mim Mati di SMP Negeri 3 Lembang Tahun Ajaran 2012/2013 (Undergraduate Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung).
Rusyam, T. et.al. (1994). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Rusydiyah, E. F. (2013). Media Pembelajaran: Implementasi untuk Anak di Madrasah Ibtidaiyah. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya dan Islamic Development Bank.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Suryadi. (2007). Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota.
Syah, M. (2001). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Witono. (2014). Penggunaan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Prestasi Tajwid Siswa di TPQ Mabadiul Ihsan Desa Karangdoro Kecamatan Tengalsari Kabupaten Banyuwangi (Undegraduate Thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember).
Zain, N. A. (2017). Penggunaan Metode Drill pada Pelajaran Tajwid di Madrasah Diniyah Nurul Iman Pace Silo Jember (Undegraduate Thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember).
Zulkarnain, F., Firdaos, R., & Sada, H. J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Qur’an Hadist dengan Magic Disc Tajwid. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 265-274. DOI:
DOI: https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i2.3479
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.