Kemampuan Manajerial Pendidikan Islam dan Penerapan Manajemen Waktu oleh Ketua Prodi PTKIS dalam Menghasilkan Lulusan Tepat Waktu di Kota Batam

Tabri waluyo, hairul huda

Abstract


Kompetensi berupa kemampuan menejerial yang dimiliki pemimpin digunakan sebagai alat dan potensi sumber daya untuk menuju efisien dan efektif dalam penerapan manajemen waktu, maka kemampuan tersebut diharapkan dapat menghasilkan lulusan tepat waktu pada mahasiswa PTKIS Kota Batam. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui kemampuan Manajerial Pendidikan Islam ketua prodi (2) Untuk mengetahui penerapan manajemen waktu oleh ketua prodi (3) Untuk mengetahui perkembangan mahasiswa lulusan tepat waktu (4) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan Manajerial Pendidikan Islam ketua prodi terhadap lulusan tepat waktu di PTKIS Kota Batam (5) Untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap lulusan tepat waktu (6) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan Manajerial Pendidikan Islam dan manajemen waktu secara bersama-sama terhadap lulusan tepat waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan Manajerial Pendidikan Islam ketua prodi tergolong tinggi dengan memperoleh score angket 81.1% (2)Penerapanmanajemen waktu oleh ketua prodi dikategorikan tinggi karena presentasi tersebut mencapai 83% (3) Perkembangan mahasiswa lulusan tepat waktu di PTKISKota Batam adalahmencapai 81% dari hasil data ideal(4) kemampuan Manajerial Pendidikan Islam berpengaruh secara parsial terhadap lulusan tepat waktu, hal ini ditunjukkan oleh nilai Thitung4.963 >Ttabel 3.182. (5) Manajemen waktu tidak berpengaruh secara parsial kepada lulusan tepat waktu, hal ini ditunjukkan oleh nilai Thitungadalah 2.654 < dari Ttabel 3,812  (6) secara bersama-sama kemampuan Manajerial Pendidikan Islam dan manajemen waktu berpengaruh terhadap lulusan tepat waktu, hal ini ditunjukkan oleh probability value uji F sebesar 0,001<0,05. dan Fhitung148.643 > Ftabel 6,94


Keywords


Kemampuan Manajerial Pendidikan Islam, Manajemen waktu,lulusan tepat waktu

Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. (2004). Motivasi, Kepemimpinan, dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Gitosudarmo, Indriyo. (1990). Prinsip Dasar Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Hadi, Sutrisno. (1991). Analisis Butir Untuk Instrument Angket, Tes dan Skala Nilai. Yogyakarta: FP UGM

Handayaningrat, Soewarno. (2007). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Bina ksara.

Hartono (2015). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hasibuan, Malayu S.P. (1996). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sedarmayanti. (2002). SDM dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sujana, Nana. (2010). Media pengajaran, Bandung: Sinar baru algensindo offset.

Sukmadinata, Syaodih, Nana. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Rosdakarya.

Sulistyorini. (2009). Manejemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: TERAS.

Terry, George R. (2009). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: PT Bumi Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i1.2767

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tarlim: Islamic religious education journal, published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957 Email : jurnaltarlim.pai@unmuhjember.ac.id ISSN : 2615-7225 (Print) and 2621-847X: (Online)
 
INDEX Jurnal :
Google ScholarMorarefCrossrefPortal Garuda RistekdiktiPKP INDEX, AKREDITASI SINTA 5Dimensions
 
 
View My Stats