Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Kelompok Tani Hutan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening

Siti Aminatun, Ninyoman Putu Martini, Toni Herlambang

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja Kelompok Tani Hutan yang merupakan faktor penting dalam mendukung pembangunan sektor kehutanan, kurang efektifnya kinerja organisasi dalam hal ini Kelompok Tani Hutan berakibat belum bisa secara optimal dalam melaksanakan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Kelompok Tani Hutan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif karena sifat penelitian ini menguraikan dan menjelaskan (descriptive explanatory). Objek penelitian anggota Kelompok Tani Hutan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Jember di wilayah kerja Kabupaten Bondowoso, populasi 129 responden, analisis data dan permodelan persamaan struktural dengan menggunakan software Smart PLS 3.0.  Penelitian ini menjawab tujuh hipotesis yang diajukan diantaranya, gaya kepemimpinan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, motivasi kerja berpengaruh positif dan siginfikan terhadap komitmen organisasi, komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja melalui komitmen organisasi sebagai variabel intervening, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja melalui komitmen organisasi sebagai variabel intervening.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja, Komitmen Organisasi

References


Ambarwati, Anwar. 2018. Perilaku dan Teori Organisasi. Malang : Media Nusa Creative.

Azhad, M. Naely, Anwar dan Nurul Qomariah. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember : Cahaya Ilmu.

Chin W and Todd P. 1995 On The Use, Usefulness and Ease Of Use Of Structural Equation Modeling in MIS Research : Anote Of Coution Jurnal Of Management Information System Qarterly Vol 9 No.5

Dibyantoro. 2021. Human Resource Planning Study in Hot Strip Mill 2 factory at PT. Krakatau Steel, Tbk, International Journal of Human Capital Management,Vol. 5 (1).

Fahmi, Irham. 2012. Manajemen Kepemimpinan, Teori dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Albeta.

Guridno, Aberar dan Lijan P. Sinambela. 2019. Pengaruh Diklat dan Komitmen Organisasi terhadap Kompetensi dan Implikasinya kepada Kinerja Pegawai Biro Kesekretariatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018. Jakarta : Jurnal Populis, 4 (7).

Guridno, Aberar. dan Lijan P. Sinambela. 2019. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan serta Komitmen Organisasi terhadap Kompetensi pada Kinerja Biro Kesekretariatan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Jurnal Sosial dan Humaniora Vol. 4 (7).

Hariningsih, Siti, Kartika Hendra dan Siti Nurlaela. 2018. Pengaruh Budaya Organiasasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Rumah Sakit Islam Surakarta dengan Akuntabilitas Publik sebagai Variabel Intervening. Surakarta : Jurnal Ekonomi Paradigma, Vol. 19 (2).

Juniantara, I Wayan dan I Gede Riana. 2015. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Koperasi di Denpasar. Denpasar : E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Kasmadi., Sunariah, N.S. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2014. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat, Edisi 9. Buku 1.

Lestari, Iis Dewi. 2016. Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Komitmen Organisasi Kepala Sekolah. Program Studi Teknik Informatika, FTMIPA, Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta : Sosio-E-Kons, 8 (1).

Mamahit, Novita Angela. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Konflik Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening. Manado : Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 4 (3).

Murti, Harry dan Veronika Agustini Srimulyani. 2013. Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Pegawai dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja pada PDAM Kota Madiun. Madiun : Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol.1 (1).

Nurandini, Arina. 2014. Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi Vol. 6 (11).

Pratama, Tulus. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Morowali dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Katalogis Vol. 4 (8).

Robbins dan Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta : Salemba Empat.

Sari, Rai Mutiara Sari dan I Gede Riana. 2018. Pengaruh Kompensasi dan Motovasi Kerja terhadap Komitmen Organisasonal di PT Jenggala Keramik Bali. Bali : E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7 (3).

Sariadi, Sarly 2013, Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bagian Sekretariat TNI AL LANTAMAL VIII Di Manado, Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 31-39.

Setiawan, I Gede Redi dan Nyoman Sudharma. 2015. Pengaruh Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasi dimediasi oleh komunikasi organisasi pada PT. Bank Antar Daerah. Denpasar: E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4 (12).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v12i1.9326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats