Pengaruh Gaya Hidup Dan Budaya Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Sebagai Variable Intervening

Abadi Sanosra, Nurseno Nurseno, Bagus Rintyarna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah ada pengaruh langsung maupun tidak langsung antara variabel Gaya Hidup dan Budaya Kerja terhadap Profesionalisme guru dengan Kinerja Guru sebagai variabel mediasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek  penelitian adalah seluruh guru SMP Muhammadiyah se Kabupaten Jember sebanyak 166 guru. Sehingga penelitian ini menggunakan iteknik sensus dalam penentuan sampel yaitu teknik sampling yang menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dengan menggunakan partial least square (PLS). Didalam PLS diuji 2 hal yaitu outer model dan inner model. Outer model menguji tentang uji validitas idan uji reliabilitas Sedangkan uji inner model menguji tentang analisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung ivariabel bebas  terhadap variabel terikat. Hasil analisis data ditemukan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara variabel Gaya Hidup dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru dan Profesionalisme guru baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan demikian variabel Kinerja Guru mampu berperan sebagai variabel intervening.

Keywords


gaya hidup;budya kerja;kinerja guru; profesionalisme guru

References


Adzim, Rifqi Abdul (2021). Pengaruh Quality Of Work Life Guru Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMKN Kabupaten Bandung. Repository S2 UIN SGD Bandung, 2021.

Asiyah, Siti (2013) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Mulia Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Repository Program Pascasarjana (PPS) UIN Alauddin Makassar.

Mauliya Siti Aisyah Teguh Ariefiantoro (2019). Analisis Disiplin Kerja Pada Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB) (Studi kasus pada MDS Paragon Semarang). Majalah Ilmiah Solusi Vol. 17, No. 3 Juli 2019 ISSN : 1412-5331.

Anshori, (2015),Transformasi Pendidikan Islam.Jakarta: Gaung Persada Press.

Barnawi, Mohammad Arifin. (2014). Kinerja Guru Profesional. Jogyakarta: ArRuzz Media.

Hambali, Muh. (2016). Pengembangan Kompetensi Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI. Jurnal MPI Vol 1, 2016 70 |

Indriantoro,Nur dan Bambang Supomo. (2014), Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama. BPFE,Yogyakarta

Miyono, Noor dan Nur Makhsun (2017). Kompetensi Dan Budaya Kerja Guru Dalam Membentuk Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol 6, No 3 (2017)

Prakoso, Ocky Adhi (2013). Quality Of Worklife: Studi Indigenous Pada Guru Bersuku Jawa Di Jawa Tengah. Journal of Social and Industrial Psychology JSIP 2 (2) (2013).

Rifa’I, Asep Ahmad.(2020) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. 2020 June, Volume 4 Number 1.

Sedarmayanti (2014) Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, Dan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Refika Aditama.

Sholihin dan D Ratmono i(2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk hubungan nonlinier dalam penelitian sosial dan bisnis. books.google.com

Uno, Hamzah. (2016). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, M., (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya kerja terhadap motivasi karyawan pada PT. Panen Lestari Internusa (Studi Kasus: Sogo Sun Plaza Medan). iRepository iUniversitas iSumatera iUtara iMedan.

Yamin, S dan Heri Kurniawan (2014), SPSS complete: Teknik analisis statistik terlengkap dengan software SPSS - Jakarta: Salemba Infotek, 9 - academia.edu




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v12i2.7936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats