Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Komitmen Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember
Abstract
Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan abdi negara yang memiliki tanggung jawab terhadap pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan. Hal tersebut ditegaskan dalam Undang-Undang (UU) No. 5 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa untuk memenuhi tuntutan nasional dan tantangan global dalam mewujudkan ASN sebagai bagian dari reformasi birokrasi, maka Pemerintah Pusat merasa perlu menetapkan ASN sebagai profesi yang memiliki kewajiban mengelola, mengembangkan diri serta wajib mempertanggungjawabkan kinerja selain menerapkan prinsip merit dalam pelaksanaan manajemen ASN. Merit system merupakan pendekatan yang menekankan pada pengelolaan ASN dengan mendasarkan kesesuaian antara keahlian pegawai dengan kualifikasi jabatannya, sehingga meningkatkan kompetensi, motivasi, dan komitmen terhadap kinerja kedepan. Adapun metode penelitian dalam riset ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif merupakan suatu cara yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian yang berkaitan dengan data berupa angka dan program statistik. Berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, secara parsial kompetensi dan komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Universitas Islam Negeri (UIN) KH Achmad Siddiq Jember. Sedangkan motivasi berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap kinerja ASN di UIN KH Achmad Siddiq Jember. Kedua, secara simultan pada variabel X secara bersama-sama terhadap kinerja ASN memiliki hasil yang berbeda. Dimana variabel kompetensi dan komitmen memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan motivasi hanya berpengaruh positif saja.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Berkowitz, L. (2003). Emotional Behavior (buku kesatu). Terjemahkan oleh Hartantni Waro Susiatni. Jakarta: Penerbit PPM. Chicago Press.Consumer. McGraw-Hill Education, Singapore.
Damayanti, M. (2010). Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. PT. Refika Aditama: Bandung.
Griffin, (2005), Customer Loyalty, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hasibuan, (2007). Definisi Minat. Yogyakarta: BPFE.
Herzberg, Frederick. (1978). Job Satisfaction Theory. New York: John Wiley & Sons, Inc.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kadarisman, M. (2012). Manajemen Kompensasi. Jakarta: Rajawali Pers.
LaPierre, R. T., (1934), Attitudes vs. Actions, Social Forces, 13, 230-237. 97
Luthans, Fred. (2006). Organizational behavior. South-Western Cengage Learning: USA.
Malinowski. (1987). “Teori Fungsional dan Struktural,” dalam Teori Antroplologi I Koentjaraningrat (ed.), Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Metcalfe, C. R. and Chalk, L. (1950). Anatomy Of The Dicotyledons, Volume 1, At The Clarendon Press, Oxford.
Notoatmodjo, Soekidjo, (2008), Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi revisi.
Oliver, Riscrd L, (1997), Satisfaction A Behavioral Perspective On The Consumer. McGraw-Hill Education, Singapore.
Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nasional Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Manajerial
Pamoedji. (1986), Tata Kerja Organisasi. Jakarta: Bina Aksara.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pedoman Pengembangan Sistem Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah.
Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
Reber, Arthur S., dan Emily S.Reber, Kamus Psikologi, Yogyakarta:Pustaka.
Robbins, Stephen. (1996). Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhanlindo.
Spencer, M. Lyle and Spencer, M. Signe. (2007). Competence at Work: Models for Superrior. John Wiley dan Son, Canada.
Spencer, (1982), Personalia. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri abadi.
Thurstone, L.Louis. (1938). Primary Mental Abilities. Chicago: University of
Tunggal. 1997.
Kamus Manajemen SDM. Jakarta: Erlangga.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Waldman, 1994. Waldman, David A. (1994). “The Contribution of Total Quality Management to a Theory of Work Performance”. Academy of Management Review, Vol. 19 No.3 pp 210.
DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v11i2.6052
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats