Confirmatory Bauran Marketing Services Terhadap Minat Beli Pada Program Studi Teknologi Pembelajaran IKIP PGRI Jember

Nugroho Edie Santoso, Ninyoman Putu Martini, Nurul Qomariah

Abstract


Persaingan pada dunia pendidikan hari demi hari ini sangat dekat dengan pengaturan administrasi jasa layanan pendidikan, itu semua adalah jenis reaksi yang sesuai karena mengingat jumlah persyaratan untuk administrasi terus berkembang. Master Teknologi Pembelajaran (MTP) IKIP PGRI JEMBER sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia, hadir untuk menjawab kebutuhan akan Program Pascasarjana yang jelas siap bersaing di tengah keseriusan. persaingan untuk pelayanan jasa pendidikan. Salah satunya dengan mencari referensi dalam mengenalkan metodologi bauran pemasaran yang merupakan salah satu elemen dalam  mempengaruhi minat beli konsumen. Penggunaan sample dalam  penelitian ini sebanyak 275 responden. Penyusun artikel ini mengolah data dengan menggunakan pemrograman AMOSE versi 5.0. Alat pengetahuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbagai pengaruh yang terlibat langsung dengan metodologi yang menguatkan. Akibat penelitian membuktikan bahwa variabel bauran pemasaran jasa yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik berpengaruh terhadap ketetapan minat beli pada Program Master Teknologi Pembelajaran (MTP). 


Keywords


Bauran; Pemasaran; Jasa

References


Dewi, Pujiani. (2014). “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Ketetapan Pembelian Produk Pembalut Herbal Merek FC Pada Konsumen Wilayah Karanganyar”. Jurnal Ekonomi Bisnis & Kewirausahaan, Vol. III, No. 2, (Agustus): 32-51.

Eka, Umi Kalsum. (2008). “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Ketetapan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan”. Tesis, Medan: Universitas Sumatra Utara.

Fitria Sari dkk. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen pada Minimarket. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya (Nomor 2). Hlm. 1-22

Ghozali, Imam. (2006). Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS versi 16.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hariadi, Doni. (2013). “Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Ketetapan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision”. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 1, No. 1 (Januari): 67-87.

Haryanto. (2012). Pengertian Pendidikan. Retrieved 31 Januari, 2013, dari Belajar Psikologi: http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli. Diakses 12 Juli 2015.

Indrayani, Rina. (2011). “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Ketetapan Pemilihan Perguruan Tinggi Serta Implikasinya Pada Kepuasan Mahasiswa”. Jurnal Logistik Bisnis, Vol. 2, No. 1 (Februari): 85-95.

Kotler, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip (2006). Manajemen pemasaran, jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta, P.T. Indeks Gramedia.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran (Marketing Management) (Edisi 13). U.S.A : Pearson Prentice Hall.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Pratiwi, Putu Ayu Okky Arya. (2012). “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Ketetapan Konsumen Dalam Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. Agung Automall Denpasar”. Jurnal Penelitian Manajemen: 1053-1070.

Roki Pariyanto. (2012). Pengaruh Variabel Ritail Mix terhadap Ketetapan Pembelian (Studi pada Minimarket Indomaret di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Simanulang. (2008). “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Ketetapan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Program D-III Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Darma Agung Medan”. Tesis, Medan: Universitas Sumatra Utara.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v11i1.4960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats