Pengaruh Efikasi Diri Dan Pemberdayaan Terhadap Motivasi Dan Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi

Yulian Budi Laksono, Nursaid Nursaid, Toni Herlambang

Abstract


Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Salah satu jenis pelayanan publik adalah pelayanan administratif  yang  dilaksanakan oleh  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi sebagai instansi pelaksana urusan admnistrasi kependudukan pada tingkat kabupaten.   Dalam melaksanakan pelayanan tentunya masih ada masyarakat yang kurang puas sehingga melakukan pengaduan terkait permasalahannya. Hal tersebut menjadi menarik karena disaat penilaian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah sangat baik jumlah pengaduan justru cenderung meningkat. Dari permasalahan inilah penelitian ini dilakukan untuk menemukan jawaban dari sisi manajemen sumber daya manusia. Pemberdayaan dipandang menjadi salah satu bagian yang penting dalam rangka menjamin keberlangsungan suatu organisasi dalam lingkungan yang kompetitif, selain program pemberdayaan, perlu diperhatikan juga efikasi diri dari para pegawai untuk meningkatkan kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan efikasi diri dan pemberdayaan terhadap motivasi dan kinerja pegawai.


Keywords


pemberdayaan; efikasi diri; motivasi; kinerja pegawai

References


Arifudin, Aldisa., Brasit, Nurdin, Parawansa, D. A., 2018, Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke the Influence of Empowerment and Organizational Culture on Work Satisfaction and Their Impact on Employee, Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, Vol 1 No. 3.

Gallagher, M. W., 2012, Self-Efficacy in Encyclopedia of Human Behavior, Second Edition, Elsevier, Amsterdam.

Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M., and Sarstedt, M., 2017, A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), Second Edition, Sage, Thousand Oaks.

Jogiyanto, H., 2011, Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Hersona, H. S., 2012, Analisis Pengaruh Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Karawang, Jurnal Manajemen, Vol 9 No. 3.

Holosko, M., Leslie, D. dan Cassano, D., 2001, How service users become empowered in human service organizations: The empowerment model, International journal of health care quality assurance incorporating Leadership in health services, Vol 14.

Ismail, I., 2008, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepemimpinan dan Kinerja Karyawan Pemerintah Kabupaten-Kabupaten di Madura, Jurnal Manajemen, Vol 9 No. 3.

Malhotra, K. N., 2006, Basic Marketing Research, Second Edition, Upper Saddle River, New Jersey.

Mokodompis, H., 2015, Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur terhadap Peningkatan Kinerja di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), Vol 12 No. 1.

Schiffman, L. G. and Kanuk, L. L., 2000, Costumer Behavior, Internasional Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Setyawan, S., 2017, Pengaruh self efficacy dan pemberdayaan terhadap kinerja pegawai dengan mediasi komitmen organisasional, Jurnal Akses, Vol 12 No. 24.

Sekaran, U., 2007, Research Method For Business (Metodologi Penelitian Untuk Bisnis), Edisi Keempat, Salemba, Jakarta.

Sutrisno, E., 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Kencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v11i1.4169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats