Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas dan Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan

Antony Antony, Alhidayatullah Alhidayatullah

Abstract


Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas dan Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Desain dari model penelitian ini termasuk dalam penelitian kausalitatif. Populasi dari penelitian ini menggunakan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2011-2015. Pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sebanyak 20 perusahaan yang memnuhi kriteria sebagai sampel penelitian dengan jumlah data penelitian sebanyak 100. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan regresi berganda dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility dan profitabilitas baik secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan.


Keywords


corporate social responsibility; profitabilitas; nilai perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Andoyo, S. W. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Dengan Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal TEKUN, 4, 1–24

Andoyo, S. W. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Dengan Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal TEKUN, 4, 1–24.

Dyah Ardhana Riswarid, N. C. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Publik Non Finansial Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 – 2009). Jurnal Akuntansi, 1, 1–12.

Ghozali, I. (2011). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 22.0. Badan Penerbit Universitas Dipnegoro.

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility.

Harahap, S. S. (2007). Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan.

Herawati, V. (2008). Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variabel Dari Pengaruh Earning Management Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Houston, E. F. B. dan J. F. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat.

Imam Ghozali, A. C. (2007). Teori Akuntansi (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Dipnegoro.

Jensen, M. C. (2001). Value Maximisation, Stakeholder Theory, and The Corporate Objective Function. Journal Of European Financial Management, 14, 8–21.

KUSUMADILAGA, R. (2010). PENGARUH CORPORATE SOCIALRESPONSIBILITY TERHADAP NILAIPERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITASSEBAGAI VARIABEL MODERATING(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa EfekIndonesia).

Munawir, S. (2007). Analisa Laporan Keuangan.

Ni Wayan, R. (2010). Pengruh Corporate Governance Pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII.

Nurlela, I. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI, 21–23.

Retno Anggraeni, F. R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor Yang Mmpengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX, 23–26.

Retno, R. D., & Priantinah, D. (2012). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2010). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 99–103. https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.1000

SRI RAHAYU, S. R., & ANDRI, A. (2010). PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAANDENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DANGOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta).

Suad Husnan, E. P. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. UPP STIM YKPN.

Suharto, E. (2008). Corporate Social Responsibility :What is and Benefit for Corporate”. Makalah yang disajikan pada seminar Dua Hari, Corporate Social Responsibility : Strategy, Management and Leadership, Intipesan.

Untung, H. B. (2008). Corporate Social Responsibility. Sinar Grafika.

Wahyuning Ambar Setianingrum, 7311411126. (2015). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013).

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi Corporate Social Responsibility. Fascho Publishing.

Yosefa Sayekti, L. S. W. (2007). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclousure Terhadap Earning Respo Coeficient. Simposium Nasional Akuntansi X.

Yulius Jogi Christiawan, J. T. (2010). Kepemilikan Manajeral: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9, 1–9.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v10i2.4127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats