Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu

Hernadianto Hernadianto, Nour Ardiansyah Hernadi, Ifka Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengetahui : (1) Pengaruh Kompetensi, Pengaruh Independensi, dan Pengaruh Pengalaman Kerja terhadap Kualitas Audit Pada Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu. Populasi dalam Penelitian ini adalah 60 Auditor yang ada di kantor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu yang masih aktif bekerja. Metode dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel, yaitu Auditor di Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Ada Pengaruh yang signifikan terhadap Kualitas Audit Pada Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu,hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi Kompetensi yaitu 0,043 < 0,05 (2) Ada Pengaruh yang signifikan terhadap Kualitas Audit Pada Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu,hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi Independensi yaitu 0,036 < 0,05 (3) Ada Pengaruh yang signifikan terhadap Kualitas Audit Pada Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi Pengalaman Kerja yaitu 0,000 < 0,05. (4) Terdapat Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Pengalaman Kerja terhadap Kualitas Audit Pada Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05.

Keywords


kompetensi; independensi; pengalaman kerja; kualitas audit.

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim.(2015).Auditing dan sistem informasi. Yogyakarta : Akademi Manajemen Perusahann YKPN.

Chosian, Siti Annisa (2014).Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik (Kap) Di Jakarta Pusat. Jurnal Keuangan dan Perbankan: Volume 11 No. 1.

Dewi,Ajeng Citra. (2016).Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi, Independensi Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Profita :Edisi 8.

Elder,Randal J.dkk.(2011).Jasa Audit dan Assurance.Jakarta:Salemba Empat.

Ghozali,Imam .(2018).Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 Edisi 9.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegro.

Hernadianto.(2002).Pengaruh pengetahuan dan pengalaman Auditor terhadap Penggunaan Intuisinya Mengenai kekeliruan ( Pada KAP di Jawa Tengah dan DIY).Program Pasca sarjana Ilmu Akuntansi.Universitas Diponegoro Semarang.

Hernadianto & Budi Astuti. Pengaruh Pengalaman Kerja Independensi Kompetensi Objektivitas Dan Integritas Terhadap Kualitas Hasil Audit. Media Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Hernadianto.(2018).Pengauditan (Suatu Sistem dan Procedure).Bengkulu: Percetakan Arin.

Ilham,Muhammad.(2019).Pengaruh Kompetensi, Integritas, Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Inspektorat Kota Bogor). Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi.Universitas Pakuan, Bogor.

Mulyadi dan Puradirejo.(2002). Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Objektivitas, Integritas, Kompetensi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Audit.Fakultas Ekonomi.UniversitasMuhammadiyah Surabaya.

Mulyadi.(2013) . Auditing. Jakarta: Selemba Empat.

Nasution,Dailibas.(2019).Pengaruh kompetensi, independensi dan pengalaman kerja auditor terhadap kualitas audit pada perwakilan BPKP provinsi jawa barat. Journal of Accounting and Finance:Volume 4 No 01.

Nopia.(2019).Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi dan Keahlian Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu.Prodi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Risma, Desi .(2019).Pengaruh Kompetensi, Independensi, Time Budget Pressure Dan Audit Fee Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik Di Kota Medan.Prodi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sekaran,Uma & Bougie Rouger.(2019).Metode Penelitian untuk Bisnis.Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran,Uma & Bougie Rouger.(2018).Metode Penelitian untuk Bisnis.Jakarta: Salemba Empat.

Sukisno Agoes (2017). Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntansi Public. Jakarta : Selemba Empat.

Sejarah BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan). http://www.bpkp.go.id/konten/4/sejarah-singkat-bpkp.bpkp (diakses 16 februari 2020).




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v10i2.4125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats