Upaya Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi

Akhlakul Karimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan menggunakan metode Mind Mapping di kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran Ekonomi Materi Pendapatan Nasional di SMA Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi. Bentuk penelitian ini  merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi, yang berjumlah 33 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan secara bertahap dimana hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 69,44% meningkat pada siklus II sebesar 94.73%. Maka aktivitas siswa terjadi peningkatan prestasi sebesar 25,29%. Dengan jumlah ketuntasan   87.36%, dimana secara klasikal persentase 100% sudah meningkat  Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dapat meingkatkan hasil prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi Materi Pendapatan Nasional siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi Tahun  Pelajaran 2020/2021.


Keywords


mind mapping; prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Anita Lie, 2013. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

A. Tabrani Rusyan, Atang Kusdinar, Zaenal Arifin. 2018. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV.Remaja Karya.

Ahmad Taufik, et.el. Sejarah Pemikiran dan Tokoh Modernisme Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Buzan, Toni, Buku Pintar Mind Mapping, Jakarta: Geamedia, 2005.

Cece Rakhmat, Didi Suherti. 2001.Evaluasi Pengajaran.Bandung: CV.Maulana.

Cece Wijaya, Djadja Djasjuri. A. Tabrani Rusyan. 2018. Upaya Pembahruan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: CV. Remadja Karya.

Depdiknas 2013. www.smantas.net/ekonomi.pdf. Diakses 20 Maret 2019 jam 13.30 WIB.

Hamalik, Oemar. 2015. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin Syah 2015. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana, 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

R.Teti Rostikawati, mind mapping dalam Metode Quantum Learning, Jakarta: Kencana, 2009.

Rochiati Wiriatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Silberman, Melvin, 2016. Aktive Learning 101 Cara Belajar Peserta Didik Aktif. Bandung: Nusamedia.

Slameto, 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Slavin, Robert E. 2018. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Suiyanto, 2017. Modul PLPG Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Serifikasi Guru Rayon

Suharsini Arikunto,dkk. 2017.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sumarsono, 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS.

Syamsuddin, Abidin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto,2017.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Perpustakaan Nasional KD.

Wiriaatmadja, Rochiati, 20016. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v10i2.4115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats