Analisis SWOT Sebagai Model Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal Bali Van Java

Adytira Rachman, Abd. Rahman

Abstract


Tujun dari penelitian ini adalah 1. Untuk membangun perekonomian berbasis kearifan local Bali Van Java di Desa Patoman, Blimbingsari, Banyuwangi, 2. Menganalisis SWOT desa wisata berbasis kearifan local Bali Van Java di Desa Patoman, Blimbingsari, Banyuwangi. Metode penelitan yang digunakan adalah Deskriftif Kualitatif. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumen. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan / verifikasi. Validasi data dengan menggunakan triannggulasi data, peneliti, teori, dan metodelogis. Penelitian ini penting untuk dilakukan dengan dasar pertimbangan: yaitu: 1) Patoman adalah miniaturnya Bali di pulau Jawa yang kental dengan budaya dan adat istiadat Bali; 2) Masyarakat Bali Van Java di Desa Patoman memiliki berbagai kearifan lokal dan budaya; 4) Untuk mempertahankan identitas budaya bangsaya agar tidak tergerus arus globalisasi; 5) Pentingnya membangun ke-Indonesian dalam bidang ekonomi melalui pedesaan; 6) Mewujudkan Desa Patoman menjadi Desa yang berdikari secara ekonomi sehingga tercipta pemerataan pendapatan masyarakat.


Keywords


desa wisata; kearifan lokal; bali van java; patoman.

References


Asyari, Hasbullah. 2010. Buku Pegangan Desa Wisata. Yogyakarta: Tourista

Anindya Guna.

Bappeda Kabupaten Banyuwangi. 2018. Materi Sosialisasi Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Banyuwangi: Bappeda Kabupaten Banyuwangi.

Bungin, H. M. 2009. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chafid Fandeli.2014. Pengembangan Kawasan Pedesaan Sebagai Objek Wisata (Identifikasi Potensi Dan Perencanaan Model Pariwisata Pedesaan Sekitar Gunung Merapi Yogyakarta. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UGM.

Damanik, Janianton dan Weber, Helmut. 2006. Perencanaan Ekowisata dari Teori ke aplikasi. Yogyakarta: Pusapar UGM dan Andi.

Giddens, Anthony. 1984. Teori Strukturasi Dasar-Dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat. Terjemahan oleh Maufur dan Daryanto. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. 2011. Buku Kearifan Lokal di Tengah Modernisasi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Jakarta (diaksess 25 November 2013).

Keraf, A.S. 2002. Etika Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Pariwisata. Bandung: Alpabeta.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. 2014. Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Third edition. USA: SAGE Publications, Inc.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu SosialLainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pitana, I Gede dan I Ketut Surya Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Pitana, I Gede dan Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.

Priasukmana, Soetarso dan R. Mohamad Mulyadin. 2001. Pembangunan Desa Wisata. Pelaksanaan Undang-undang Otonomi Daerah, Info Sosial Ekonomi, Vol. 2 No.1: 37-44.

Rangkuti, Freddy. 2011. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. (Penyunting: Bambang Sarwija). Jakarta: Permata Putri Media.

Sinaga, Supriyono. 2010. Potensi dan Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kertas Karya. Program DIII Pariwisata. Universitas Sumatera Utara.

Spillane, James J. 1994. Pariwisata Indonesia Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Yoyakarta: Kanisius.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutopo, H.B. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.2011.

Yoeti, Oka, A. 2008. Perencanaaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta, Pradaya Pratama.

Yudiana, I Kadek dan MiskawI. 2017. Analisis Kerukunan Antar Umat beragama Pada Msayarakat Multikultur di Ujung Timur Pulau Jawa (Studi Kasus di Desa Patoman, Blimbingsari, Banyuwangi). Untag Banyuwangi: Laporan Hasil Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v10i2.4105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats