Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia

Al Asy Ari Adnan Hakim, Anastasya Olivia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatuhui pengaruh antara struktur modal, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap kebijkan dividenĀ  pada perusahaan keuangan di bursa efek Indonesia periode tahun 2016-2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan obyek penelitian adalah pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yakni sebanyak 9 perusahaan. Adapun beberapa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan yang digunakan yakni Dividen per Share, Debt to Equity Ratio, Return on Asset, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa struktur modal, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan signifikan terhadap kebijkan dividen pada perusahaan keuangan di bursa efek Indonesia periode tahun 2016-2018. Adapun secara parsial ditemukan bahwa struktur modal dan profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan deviden, sedangkan lain halnya untuk pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan deviden pada perusahan keuangan di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Selanjutnya untuk ukuran perusahaan ditemukan hasil yakni adanya pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan deviden pada perusahan keuangan di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018

Keywords


Struktur Modal; Profitabilitas; Pertumbuhan Perusahaan; Ukuran Perusahaan; Kebijkan Dividen

References


Agus, Sartono. (2008). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Empat. Yogyakarta BPFE.

Ardi, Mardoko Sudarmaji., & Sularto, Lana. (2007). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan. Skripsi Gunadarma.

Asnawi Said Kelana., & Chandra, Wijaya. (2005). Riset Keuangan: Pengujian-Pengujian Empiris. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Brigham., & Houston. (2006). Fundamentals of Financial Management. Jakarta. Salemba Empat.

Chasanah, Amalia Nur. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio (Dpr) Pada Perusahaan Yang Listed Di Bursa Efek Indonesia (Perbandingan Pada Perusahaan Yang Sebagian Sahamnya Dimiliki Oleh Manajemen Dan Yang Tidak Dimiliki Oleh Manajemen). Tesis Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Darmadji, Tjiptono., & Fakhruddin. (2012). Pasar Modal Di Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta. Salemba Empat.

Devi, Ni Putu Yunita., & Erawati, Ni Made Adi (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage dan Ukuran Perusahaan pada Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9(3), 709-716

Fahmi, Irham. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung. Alfabeta.

Hadiwidjaya, R. D. (2007). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Tesis, Universitas Sumatera Utara.

Halim, Abdul. (2005). Analisis Investasi. Jakarta. Salemba Empat.

Heri, Sukoco. (2013). Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio, Profitabilitas, Firm Size, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Mediasi Dividend Payout Ratio (Studi Pada Industri Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2011). Jurnal Bisnis Strategi, 22, (2).

Hikmah, Khoirul & Astuti, Ririn. (2013). Growth of Sales, Investment, Liquidity, Profitability dan Size of Firm Terhadap Kebijakan Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1-15.

Kasmir. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Kusumajaya, D K. (2011). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufatur di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Denpasar, Program Pasca Sarjana Universitas Udayana

Mahaputra, Gede Agus., & Ni Gusti, Putu Wirawati. (2014). Pengaruh Faktor Keuangan dan Ukuran Perusahaan pada Dividend Payout Ratio Perusahaan Perbankan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9, (3), 695-708

Martono, & Agus D. Harjito. (2007). Manajemen Keuangan. Ekonosia, Yogyakarta.

Melanthon, Rumapea., & Dimita H. P, Purba. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen. Kajian Akuntansi, 20(1).

Rahmawati, Siti Nur, (2008), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2000-2004. Skripsi, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sari & Sudjarni (2015). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Deviden pada Perusahaan Manufaktur di BEI. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10).

Sumiadji, (2011), Analisis Variabel Keuangan yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen. Jurnal Dinamika Akuntansi, 3(2).

Sundjaja, R., & Barlian I. (2010). Manajemen Keuangan. Edisi 6. Jakarta. Literata Lintas Media.

Yulia, Efni & Sri Restuti,. (2009). Analisis Kebijakan Pendanaan, Kepemilikan Manajerial dan Aliran Kas Bebas pada Perusahaan Non Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v11i1.3963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats