ANALISIS REAKSI PASAR AKIBAT KENAIKAN DAN PENURUNAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK DI BURSA EFEK INDONESIA

Suwarno Suwarno, alwan kustono, Ayu Setyowati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan adakah perbedaan abnormal return dan tranding volume activity  sebelum dan sesudah peristiwa kenaikan dan penurunan harga BBM. Penelitian ini menggunakan event study, dengan pengamatan terhadap abnormal return dan tranding volume activity selama event period, yaitu 5 hari sebelum sampai dengan 5 hari sesudah pengumuman perubahan harga BBM.  Populasi penelitian ini adalah seluruh saham perusahaan yang terdaftar pada kategori sektor food and beverages dan Sektor Migas tahun 2014-2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode puposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 18 saham perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah One-Samples Kolmogorov Smirnov Test.Hasil analisis uji beda menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return pada periode sebelum dan sesudah pengumuman penurunan harga BBM tanggal 1 Januari dan 19 Januari. Namun, pada abnormal return periode sebelum-sesudah pengumuman kenaikan harga BBM tanggal 1 Maret dan 28 Maret menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil analisis pada tranding volume activity baik sebelum-sesudah pengumuman penurunan harga BBM tanggal 1 Januari dan 19 Januari menunjukkan terdapat perbedaan signifikan, sedangkan pada periode sebelum-sesudah kenaikan harga BBM tanggal 1 Maret dan 28 Maret  menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ang, Robert. 2010. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. 7th Edition. Jakarta. Media Soft Indonesia.

Agung, Laksana. 2014. Pengaruh Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak Bersubsidi Tahun 2013 Terhadap Abnormal Return Saham dan Tranding Volume Activity Saham Pada Perusahaan Yang Masuj Dalam Indeks LQ45. Skripsi, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Andi, Pramana.2012. Analisis Perbandingan Tranding Volume Activity Dan Abnormal Return Saham Sebelum Dan Sesudah Pemecahan Saham.(studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011) Skripsi, Program Sarjana Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Diah, Andarini.2015. Analisis Reaksi Pasar Modal Terhadap Perubahan Harga BBM (Event Study Kenaikan dan Penurunan Harga BBM pada Perusahan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya

Evi dan Trisna Wijaya.2014. Analisis Perbedaan Abnormal Return Sebelum dan Sesudah Pengumuman Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Di Perusahaan LQ45. STIE MDP

Farid, Siliwangi Ramadhan.2014. Pengaruh Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Tahun 2013 Terhadap Investasi Saham (Event Study Saham pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia).

I Wayan Suarjana.2011. Pengaruh Kebijakan Pemerintah Dalam Menurunkan Harga Bahan Bakar Minyak Terhadap Reaksi Pasar Saham Di Bursa Efek Indonesia. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar.

Jogiyanto HM.2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi ke enam, Yogyakarta.

Mochamad Zaqi. 2006. Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Peristiwa-Peristiwa Ekonomi Dan Peristiwa-Peristiwa Sosial-Politik Dalam Negeri (Studi Pada Saham LQ45 Di BEJ Periode 1999-2003). Tesis, Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Munawarah. 2009. Analisis Perbandingan Abnormal Return Dan Tranding Volume Activity Sebelum Dan Setelah Suspend BEI (Study Kasus Pada Saham LQ-45 Di BEI Periode 6-15 Oktober2008). Tesis, Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Ni Ketut, I Made dan Nym. Ari Surya Dharmawan.2014. Analisis Reaksi Investor Terhadap Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak Di Bursa Efek Indonesia (Event Study Terhadap Kenaikan Harga BBM Pada 21 Juni 2013 di Indonesia). Jurnal ekonomi, Program S1 Akuntansi Universtias

Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Ratna, Desy Lestari. 2015. Analisis Pengaruh Pengumuman Perubahaan Harga BBM Terhadap Abnormal Return dan Tranding Volume Activity. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Rinda, Emrinaldi dan Vince Ratnawati.2014. Analisis Pengaruh Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Pergerakan Harga Saham (Seminggu Sebelum dan Sesudah Kenaikan BBM) Tahun 2013. Jurnal ekonomi, Program Magister Akuntansi Universitas Riau.

Riskhy, Nadia. 2014. Reaksi Pasar Sebelum dan Sesudah Kenaikan Harga BBM Pada Perusahaan Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmu Manajemen.

St. Tri Adi Setyawan.2006. Analisis Reaksi Pasar Modal Terhadap Kenaikan Harga BBM (Studi Kasus: di Bursa Efek Jakarta untuk SahamSaham LQ45). Tesis, Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Tandelilin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi Pertama. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.

http://finance.yahoo.com

http://www.idx.co.id

http://www.sahamok.com

http://www.duniainvestasi.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.